Tahun 2022, OJK Siapkan 5 Fokus Pengembangan Pasar Modal

/

/ Kamis, 06 Januari 2022 / 23.59 WIB

 


JAKARTA--
-PILAREMPAT.COM | Capaian positif di Pasar Modal Indonesia menjadi modal optimisme untuk terus bekerja keras menghadapi banyaknya tantangan dalam pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat di 2022, Kamis (6/1/2022).

Kita harapkan ini akan terus membesar dan memberi dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi negara kita.Demikian pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia.

Selama tahun 2021, sektor jasa keuangan Indonesia tetap stabil dengan kinerja yang semakin membaik didorong aktivitas perekonomian yang semakin meningkat. Pasar modal Indonesia juga menorehkan pencapaian positif dengan menjadi salah satu yang terbaik di ASEAN.

Ke depan OJK telah menyiapkan lima pokok kebijakan untuk menjawab tantangan dan perkembangan pasar modal di tahun 2022, kata Wimboh Santoso selaku Ketua Dewan Komisioner OJK.

Penghimpunan dana di pasar modal  2017-2021. Keseluruhan capaian di tahun 2021 menunjukkan kepercayaan investor kepada Pasar Modal Indonesia telah pulih dan memiliki ruang untuk dapat kembali tumbuh lebih tinggi di tahun 2022 di mana berdasarkan asumsi APBN pertumbuhan PDB Indonesia akan mencapai 5,2%.
Jumlah investor pasar modal meningkat signifikan sepanjang tahun 2021. Per 30 Desember 2021, jumlah investor sebanyak 7,49 juta atau meningkat sebesar  92,99% dibandingkan akhir tahun 2020 yang tercatat hanya sebesar 3,88 juta. 

Jumlah ini meningkat hampir tujuh kali lipat dibandingkan akhir tahun 2017, dan didominasi oleh investor domestik yang berumur di bawah 30 tahun yangmencapai sekitar 59,98% dari total investor.

Lima polo kebijakan OJK dalam pengembangan pasar modal Indonesia tahun 2022, yakni mempersiapkan operasionalisasi dan infrastruktur bursa terutama legalitas pendukung penyelenggara bursa karbon agar Indonesia menjadi pusat perdagangan karbon dunia. 

Penerapan bursa karbon akan didukung oleh Taksonomi Hijau yang segera diterbitkan. Taksonomi Hijau diharapkan dapat menjadi acuan dalam memberikan kemudahan bagi industri maupun sub industri yang memenuhi kaidah hijau. OJK juga akan terus mengoptimalkan indeks bursa berbasis Environment, Social, & Governance (ESG).

Selanjutnya, memperluas basis emiten melalui sekuritisasi aset dan pembiayaan proyek strategis. OJK akan terus mengakomodir calon emiten perusahaan start-up berbasis teknologi untuk melakukan penawaran umum di bursa domestik. Selain itu peningkatan basis emiten dan investor akan diimbangi dengan peningkatan literasi khususnya bagi investor ritel melalui program edukasi bekerja sama dengan SRO dan emiten.

Kemudian, memperluas dan mempercepat pelaku UMKM untuk masuk ke pasar modal Indonesia. Hal ini dapat diwujudkan melalui platform securities crowdfunding dan optimalisasi papan akselerasi UMKM yang bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk membiayai surat perintah kerja yang berpotensi hingga Rp 74 triliun.

Kemudian, memperluas dan mempercepat pelaku UMKM untuk masuk ke pasar modal Indonesia. Hal ini dapat diwujudkan melalui platform securities crowdfunding dan optimalisasi papan akselerasi UMKM yang bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk membiayai surat perintah kerja yang berpotensi hingga Rp 74 triliun.
Mengembangkan instrumen derivatif untuk indeks saham, suku bunga (forward rate agreement dan awal), derivatif nilai tukar, (swap, forward rates dan optional).
Pengembangan ditujukan agar transaksi tersebut dapat dilakukan secara transparan dalam regulated  market divbursa. Detail strategi dan target pengembangan instrumen derivatif telah dimasukkan dalam forum koordinasi pembiayaan pembangunan melalui pasar keuangan (FKP3K).

Mempercepat pengembangan infrastruktur central counterparty clearing house (CCP),  percepatan pengembangan CCP merupakan terobosan penting bagi pendalaman pasar keuangan untuk menjaga integritas pasar sehingga informasi mengenai instrumen keuangan yang diperdagangkan baik dari sisi transaksi maupun harga dapat lebih transparan diketahui publik.. [P4/sya/rel]

Komentar Anda

Berita Terkini