-->

PIM Gelar Program Aksa Bersama IDI

/

/ Sabtu, 16 Oktober 2021 / 01.31 WIB

 


ACEH UTARA-,PILAREMPAT.COM | PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia, Dinas Sosial dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar program  Aku Sehat  (AKSA) dengan melakukan sosialisasi mengenai bahaya kenakalan remaja dan edukasi kesehatan reproduksi ke SMAN 1 Dewantara , Senin, (11/10/2021).  

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 100 siswa/i yang duduk di bangku  kelas 10, 11, dan 12. Pelaksanaan program ini akan dilakukan berkelanjutan ke beberapa sekolah menengah atas dan menengah pertama di wilayah Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Managemen PT PIM diwakili oleh Senior Vice Presiden Umum, Saifuddin Noerdin, ST., M.S.M  mengatakan, program Aku Sehat (Aksa) diinisiasi oleh sebuah tim TJSL PT  PIM  dengan mengundang pematri dari  Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Dalam acara tersebut dari PT PIM juga hadir VP PKBL & Humas Nasrun dan Ptl. Asisten Vice Presiden Jufri beserta Staf. Sementara dari Idi dihadiri ketua IDI Aceh Utara, dr Harry Laksamana ,sedangkan dari ACT hadir ,Suryani SE, M.S.N dan dari Dinsos.

Saifuddin mengatakan ,acara tersebut juga menghadirkan seorang Ustadz Junaidi, S.Pd.I  .

“Mengingat perkembangan globalisasi yang semakin pesat serta akses internet yang semakin cepat sehingga timbulnya hal-hal negatif  yang dapat di adopsi oleh kaum milenial khususnya para pelajar. 

Dengan adanya Program AKSA ini diharapkan dapat mengantisipasi kenakalan pada remaja agar para pelajar tidak terjerumus kedalam hal yang berbau negatif, ujar Saifuddin.

Dalam kegiatan sosialisasi juga diberikan beberapa edukasi mengenai kesehatan alat reproduksi dan bahayanya penyakit menular seksual pada pergaulan bebas. Dan juga siraman rohani mengenai pentingnya ilmu agama di dalam kehidupan agar tidak terjadi penyimpangan dan  para pelajar dapat menghindari  hal-hal yang berbau negatif,dan selalu menjaga pola hidup sehat, “jelas Saifuddin.

Sementara Kepala SMAN 1 Dewantara, Mustafa,S.Pd dalam sambutannya menyampaikan terimaksih atas kepedulian PT Pupuk Iskandar Muda yang menginisiasi kerjasama dengan para pihak baik Instansi kesehatan, Dinas Sosial dan lembaga kemanuasiaan ACT beserta Forum Anak Pase di Kabupaten Aceh Utara,. “Kami pihak sekolah sangat terbantu dalam hal mengarahkan dan mengedukasi siswa/i kami yang memang sangat rentan pengaruh diluar lingkungan sekolah, “ ujar Mustafa. Melalui  Sosialisasi dan edukasi ini diharapkan bisa diserap dengan baik untuk di aplikasikan di lingkungan sekolah dan luar sekolah.

Sementara dari sisi kesehatannya, dr. Hari Laksamana memaparkan betapa penting edukasi terhadap remaja yang sangat rentan terhadap pengaruh lingkungan yang bisa mengakibatkan kerugian fatal terhadap keberlangsungan masa depan para siswa-siswi generasi penerus kita.

 Banyak kejadian yang sangat membuat kita miris terjadi di wilayah Aceh utara, contohnya, kasus tertinggi AIDS di Aceh Utara ini ada di wilayah Kecamatan Dewantara, ini perlu pemahaman-pemahaman bagi kaula muda tentang rentannya penularan penyait mematikan ini dalam masyarakat, kita harus bisa mengantisipasi dan mencegah penularan penyakit ini dengan cara mengedukasi masayarakat khususnya anak-anak muda tentang cara penularannya, anak-anak muda harus tau, harus membatasi diri dari anacaman penularan AIDS. 

 Suryani, SE M.S.N dari Dinas Sosial juga menambahkan, pemahaman yang diberikan dalam sosialisai ini harus benar-benar menjadi acuan dalam melakukan interaksi sesama kaula muda, batasan-batasan dan norma-norma harus dikedepankan, agar generasi muda mendatang menjadi generasi yang sehat dan penuh kreatif menghadapi tantangan.

Di tinjau dari segi agama ustad Junaidi mengatakan, semua akan menjadi baik apabila kita kembali kepada ajaran Islam dan mentauladini Rasullullah SAW.

"Agama kita sudah menetapkan amal Makruf Nahi Mungkar, lakukanlah pekerjaan yang baik dan tinggalkanlah pekerjaan yang buruk, dan bersyukurlah kita hidup dalam naungan islam yang bisa mengantarkan kita kepintu rahmat Allah dan InsyaAllah menuju syurgaNya,” ujarnya. [P4/mzky]

Komentar Anda

Berita Terkini