-->

Gerakan Cuci Tangan '1000 Arti Dari AMPI Sumut' di Percut Sei Tuan

/

/ Senin, 11 Oktober 2021 / 23.59 WIB

 

Percut Sei Tuan -- PILAREMPAT.COM | Peringatan hari cuci tangan pakai sabun di air mengalir sedunia tahun 2021, yang bertajuk ” 1000 Arti Dari AMPI Sumatera Utara” dihadiri oleh Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar didampingi Kadis Porabudpar, H Khairum Rizal ST, yang bertempat di SD Swasta Patria Al Ittihadiyah Kecamatan Percut Sei Tuan, Senin (11/10/2021). 

Hadir juga pada acara tersebut, Ketua DPD AMPI SUMUT, dr David Luther Lubis SKM,M.Ked, Plt Ketua AMPI Deli Serdang dr Nico Sitompul, Kepala Sekolah SD Swasta Patria Al Ittihadiyah, Abdul Wahab ST,S.Pdi, Camat Percut Seituan, Ismail SSTP,MSP beserta Muspika, Kepala Desa Percut, Ashari Syah S,Sg. 

Dalam pidatonya Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan yang disampaikan oleh Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan, Berbagai momen penting bangsa kita tidak terlepas dari peran pemuda, seperti proses sebelum, sesudah kemerdekaan dan era reformasi tahun 1998. Sejarah juga membuktikan, bahwa di negara mana saja, kemerdekaan juga tak luput dari peran pemuda, karena pemuda lah yang paling bersemangat dan ambisius memperjuangkan perubahan menuju kearah yang lebih baik. 

Begitu pula dengan pemuda yang tergabung dalam organisasi AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia), yang sama kita ketahui organisasi ini memiliki rasa kepekaan dan kepeloporan generasi muda, dengan menggalang persatuan dan kesatuan, mengkonsolidasi keanekaragaman potensi, membentuk sinkronisasi dan sinergi partisipasi dalam rangka mensukseskan pembangunan, " ungkapnya. 

Kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh AMPI dalam memperingati hari cuci tangan sedunia ini, menunjukkan kepedulian para pemuda AMPI dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kebersihan diri dengan sasaran anak-anak usia sekolah dini, sehingga nantinya hal ini benar-benar menjadi kebiasaan bahkan membudaya dalam kehidupan sehari-hari. 

Perilaku dan kebiasaan cuci tangan pakai sabun seperti ini sangatlah sederhana, namun dampaknya sangat luar biasa. Apalagi saat ini kita masih dihadapkan pada pandemi Covid-19, sehingga cuci tangan adalah salah satu protokol kesehatan yang telah ditetapkan, karena dapat mengurangi atau menurunkan terjadinya penularan berbagai macam penyakit di area tangan kita. 

“Mari terus kita arahkan akal dan pikiran kita, untuk lebih sungguh-sungguh dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama, yaitu masyarakat sehat dan keluarga sejahtera, dapat diwujudkan,”pungkasnya. 

Sebelumnya, Ketua DPD AMPI Sumatera Utara, dr David Luther Lubis, dalam kata sambutannya mengatakan, SD Patria Ittihadiyah di Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang menjadi lokasi pembuka dalam rangkaian kegiatan AMPI Sumut tersebut. Dikatakan, nantinya AMPI Sumut akan menggelarnya di seribu sekolah di Sumatera Utara. Bakti sosial AMPI ini bertujuan mensosialisasikan pentingnya untuk mencuci tangan, terlebih kepada anak-anak SD yang belum tersentuh vaksin Covid.

“Hari ini SD Patria menjadi tonggak sejarah, karena menjadi sekolah pertama yang akan kami kunjungi, yang bertepatan dengan Hari Cuci Tangan Sedunia. Cuci tangan merupakan hal yang sederhana, tetapi pada pelaksanaannya sering diabaikan. Dan kegiatan ini kami harapkan menjadi salah satu faktor untuk memutus mata rantai penyebaran Covid. Kami ingin memulai kegiatan ini dari Deli Serdang, mengingat kabupaten ini berada di (PPKM) Level 1. Meski demikian, pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan agar tidak tercipta cluster baru,” ucapnya. 

Ia menambahkan, dalam rilis yang dikeluarkan badan kesehatan dunia WHO, sebesar 40 persen negara belum punya fasilitas cuci tangan. Oleh karena itu DPD AMPI Sumut terpikir untuk mengadakan kegiatan ini, guna menekan angka penyebaran Covid serta membantu pemerintah dalam menanggulangi wabah yang telah hampir dua tahun ini. 

Hal senada juga diungkapkan Kepala Sekolah Patria Al Ittihadiyah Abdul Wahab ST S.Pdi. Dikatakannya, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam mengedukasi para siswa. Katanya, ini merupakan penghormatan bagi mereka. Pihaknya berharap rangkaian kegiatan ini akan berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan. 

Kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (FKM-USU). Mereka memperagakan bagaimana cara mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar kepada para murid SD Patria Al Ittihadiyah. 

Sebagai penutup rangkaian dari kegiatan ini, Ketua DPW AMPI Sumut dr David Luther Lubis, Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar, serta sejumlah kader AMPI lainnya, membubuhkan tanda tangan dan menuliskan pesan singkat di kain putih yang telah disediakan panitia. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini