Kapolres Lhokseumawe Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seulawah-2021

/

/ Senin, 20 September 2021 / 22.28 WIB

 

                                        Kapolres sedang memasang atribut kepada personil operasi. (foto:P4/mjuki)

LHOKSEUMAWE-PILAREMPAT.COM | Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto, S.I.K, M.H memimpin Apel gelar pasukan operasi patuh Seulawah-2021 yang berlangsung di Mapolres Lhokseumawe, Senin, 20 September 2021.

Apel pasukan yang diikuti TNI-Polri dan instansi terkait tersebut dihadiri Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kistiyanto, SAP, Dandenpom IM/1, Letkol Cpm Basuki Prijatmono, SH, Ketua Pengadilan Negeri Lhokseumawe, M. Azir, SH, MH, Kadishub Kota Lhokseumawe dan Kasatpol PP/WH Kota Lhokseumawe.

Kapolda Aceh dalam amanatnya  yang dibacakan Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, S.I.K, M.H menyampaikan, operasi patuh seulawah dilaksanakan setiap tahun dan terjadwal dalam kalender kamtibmas.

Terkait hal tetsebut berdasarkan analisa dan evaluasi kamseltibcarlantas tahun 2019 dan 2020 di wilayah hukum polda aceh diperoleh data bahwa pada tahun 2019 terdapat 57 kasus dan tahun 2020 meningkat menjadi 63 kejadian dengan persentase 10%, korban meninggal dunia terjadi kenaikan, dari 6 orang menjadi 21 orang.

Selanjutnya, pada tahun 2019 terdapat 10.425 pelanggaran, yang diselesaikan dengan tilang sebanyak 8.677 kasus dan 1.748 teguran. Angka ini terjadi peningkatan pada tahun 2020 yaitu 25.103 pelanggaran, yang diselesaikan dengan tilang sebanyak 11.273 kasus dan 13.830 teguran.

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas, sangat berkolerasi terhadap jumlah fatalitas korban, baik korban meninggal dunia, luka berat maupun luka ringan. guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya untuk mewujudkan situasi kamseltibcarlantas.

Hal ini merupakan permasalahan yang kompleks dan tidak dapat ditangani oleh polri sendiri, akan tetapi diperlukan adanya sinergitas antar pemangku kepentingan dalam menemukan akar masalah dan menentukan solusi penyelesaiannya secara tuntas dan menyeluruh. 

Demi terwujudnya kamseltibcarlantas yang lebih kondusif, Kepolisian Negara Republik Indonesia, khususnya polisi lalu lintas, yang didukung oleh satuan fungsi lainnya serta melibatkan para pemangku kepentingan, akan melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi “Patuh Seulawah-2021” yang diawali dengan apel gelar pasukan pada masing-masing daerah.

"Operasi patuh seulawah dilaksanakan selama 14 mulai tanggal 20 september sampai dengan 3 oktober 2021,di seluruh wilayah provinsi aceh dengan mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis serta tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujar Kapolda.

Apel gelar pasukan dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya guna mendukung pelaksanaan operasi. Operasi ini dilaksanakan juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcarlantas di provinsi Aceh.

Operasi ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi ini meningkatnya disiplin masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan,meningkatnya ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga terwujud kamseltibcarlantas yang mantap, tutup Kapolres Lhokseumawe. (P.4/mzky).

Komentar Anda

Berita Terkini