-->

Ketua TP PKK Kota Medan Kunjungi Kec. Medan Timur Dalam Rangka Pembinaan PKK KB Kesehatan

/

/ Rabu, 24 Maret 2021 / 15.18 WIB

 

Medan-PILAREMPAT.com | Ketua TP PKK Kota Medan, Ny. Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution mengunjungi Kecamatan Medan Timur dalam rangka pembinaan PKK KB Kesehatan tahun 2021, Jumat (20/03/2021). Kehadiran Ketua TP PKK Kota Medan disambut langsung oleh Ketua TP PKK Kecamatan Medan Timur, Ny. Antarini Odi Batubara beserta Camat Medan Timur, Odi Anggia Batubara,S.STP di Kantor Camat Medan Timur, jalan H.M Said No. 1 Medan, dengan ditandai penyematan kain ulos sebagai ucapan selamat datang di Kecamatan Medan Timur.

Turut juga hadir dalam acara pembinaan ini Wakil Ketua I PKK Kota Medan, Ny. Shaula Arindianti Aulia Rachman dan Wakil Ketua II PKK Kota Medan, Ny. Ismiralda Wiriya Alrahman, serta Kepala Dinas P3A&PM Kota Medan, Khairunisa,SE.,MM.

Dalam pembinaan tersebut Ketua TP PKK Kota Medan mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk bersilaturahmi dan berkenalan sekaligus melihat kegiatan yang sudah dilakukan PKK Kecamatan Medan Timur.

Seperti yang diketahui bersama, Kelurahan Gaharu Kec. Medan Timur merupakan pemenang terbaik I lomba kegiatan PKK-KB-Kesehatan tingkat Kota Medan dan selanjutnya akan mengikuti lomba ketingkat Provinsi Sumatera Utara. Oleh karena itu kehadiran Ketua TP PKK Kota Medan guna memotivasi PKK Kelurahan Gaharu agar berbenah diri mempersiapkan menghadapi perlombaan tersebut.

“Kita harus mempersiapkan diri agar dapat menjadi juara di tingkat Provinsi maupun Nasional”kata Ketua TP PKK Kota Medan.

Disamping itu lanjut Ketua TP PKK Kota Medan lagi bahwa gerakan PKK dengan 10 program pokok bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga yang mendukung program Keluarga Berencana dan kesehatan yang terkait dengan 10 program pokok PKK.

“Untuk itulah saya berharap agar Camat dan Lurah berkolaborasi dengan Dinas terkait guna keterpaduan mendukung PKK untuk pembenahan dan pembinaan dalam mewujudkan keluarga berdaya dan sejahtera.”harap Ketua TP PKK Kota Medan.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Kota Medan juga menyerahkan laptop secara simbolis kepada pelajar SMP di Kec. Medan Timur. Ketua TP PKK berharap laptop tersebut bermanfaat untuk menunjang proses belajar para siswa secara daring.

Setelah itu Ketua TP PKK Kota Medan juga meresmikan gedung PKK Kecamatan Medan Timur dengan di tandai penandatanganan prasasti oleh Ketua TP PKK Kota Medan yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan gedung. Setelah itu Ketua TP PKK Kota Medan juga melihat langsung produk-produk kerajinan tangan hasil olahan PKK Kecamatan Medan Timur dan meninjau urban farming milik Kecamatan Medan Timur.

Sebelumnya, Camat Medan Timur, Odi Anggia Batubara,S.STP dalam sambutan selamat datangnya mengungkapkan bahwa pembangunan keluarga tidak bisa lepas dari peran penting perempuan sebagai penggerak pembangunan dan perempuan Indonesia yang tergabung dalam PKK telah menunjukkan kiprahnya sebagai motor penggerak di posyandu, program KB serta Program kesejahteraan lainya di seluruh desa/kelurahan.

“Gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) dengan 10 program pokoknya bertujuan untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga.”kata Odi.

Selain itu Odi juga mengatakan kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan merupakan kegiatan terpadu yang di motori oleh PKK dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat mulai dari penyuluh KB, petugas Puskesmas, dan para kader PKK. Khusus yang ada di Kelurahan Gaharu memiliki keunikan tersendiri yaitu memberdayakan remaja sebagai salah satu penggerak untuk mesosialisasikan programnya baik itu tentang gizi khususnya masalah stunting, kesehatan lingkungan, penyuluhan narkoba, prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan perencanaan berkeluarga.

Bahkan, lanjut Odi lagi capaian Kelurahan Gaharu telah berhasil menjadi juara pertama lomba PKK KB Kesehatan tingkat Kota Medan sehingga menjadikan Kelurahan Gaharu sebagai kampung KB.

“Kedepanya kami ingin seluruh kelurahan di kecamatan Medan Timur sama seperti kelurahan Gaharu.”harap Odi.

Odi juga menambahkan bahwa saat ini disetiap Kelurahan juga membuat ketahanan pangan dengan memanfaatkan area yang sebelumnya tidak diberdayakan guna mengajak masyarakat melakukan urban farming di tengah kota.

“Dengan begitu masyarakat tergerak untuk memanfaatkan lahan kosong miliknya sebagai urban farming untuk ketahanan pangan.”kata Odi.

Dalam acara pembinaan PKK KB Kesehatan ini juga disampaikan ekspose terkait dengan kegiatan kesatuan gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Kelurahan Gaharu yang disampaikan oleh Wakil Ketua TP PKK Kelurahan Gaharu. [P4/sya/rel]

 

 


Komentar Anda

Berita Terkini