Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan Minta Pemko Proaktif Dukung PEN

/

/ Jumat, 11 Desember 2020 / 16.53 WIB

 



 

Pilarempat.com  |  Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (FPDIP DPRD) Kota Medan Robi Barus minta Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk proaktif jemput bola lakukan pelatihan keterampilan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) bagi pencari kerja dan memberikan bantuan permodalan usaha serta bantuan terhadap Kelompok Usaha Bersama Ekonomi (KUBE) yang ada di Kota Medan.

“Hal ini diharapkan menjadi salah satu upaya mendukung program pemerintah pusat melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020 tentang program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibet pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19),” kata Robi Barus di Medan, Minggu (06/12/2012).

Pemko Medan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Medan memberikan bantuan kepada pelaku UMKM daerah ini dan diharapkan bantuannya dopat mendorong pemulihan perekonomian UMKM dan keluarga akibat pandemi.

“Kita berharap UMKM mampu bertahan di masa sulit ini dan meningkatkan kemampuan ekonomi menjalankan usahanya. Selain itu juga ada sebagian perajin di Kota Medan yang bisa alih usaha untuk mempertahankan perekonomiannya ditengah sulitnya ekonomi dengan adanya bantuan dari Pemko,” ungkap Robi.

Tidak hanya itu, Anggota Komisi I DPRD Kota Medan ini juga mengharapkan program pelayanan kependudukan melalui sistem daring/online yang dimohonkan masyarakat melalui Anjungan Dukcapil Mandiri dan Pengurusan Surat Perizinan dengan aplikasi Sicantik Cluod agar benar-benar diterapkan dan direalisasikan pada tahun 2021.

Selanjutnya terkait telah beroperasinya angkutan umum massal berbasis jalan dengan Skema Buy The Service (BTS), Robi Barus mendesak Pemko Medan mempersiapkan infrastruktur menunjang kelancaran pengoperasian bus massal tersebut. “Terutama kelengkapan halte tempat pemberhentian BTS sepertinya menjadi tempat kerumunan masa saat menunggu bus.

Masyarakat perlu menerapkan Prokes dipemberhentian BTS atur jarak, pakai masker saat menunggu bus,” kata Ketua Pansus Covid-19 DPRD Kota Medan ini.
Baca Juga Tewaskan 30 Orang, Pengusaha Pabrik Mancis di Langkat di Tangkap

Terkait rencana pembangunan dan operasional dua unit pelaksana teknis (UPT) pemadam kebakaran di Kecamatan Medan Tuntungan dan Medan Helvetia, Roby minta program ini diprioritaskan Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan pada 2021.

“Karena sangat mendesak pengoperasiannya secepatnya dengan melihat kemajuan pembangunan dan kepadatan penduduk yang meningkat secara signifikan di Kota Medan akhir-akhir ini,” pungkas Robi Barus. [P4/sya]


Komentar Anda

Berita Terkini