-->

Tim Kemenko Polhukam RI Kunjungi Imigran Rohingya di Lhokseumawe

/

/ Jumat, 17 Juli 2020 / 11.56 WIB


Lhokseumawe--Pilarempat.com  |  Kepala Bidang Doktrin dan Pertahanan Negara Kementerian Koodinator, Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Kolonel Suteikno Suleman mendatangi tempat penampungan migran Rohingya di Balai Latihan Kerja (BLK) Meunasah Mee, Kandang, Kota Lhokseumawe, Kamis 16 Juli 2020.

“Hari ini kita kembali melihat langsung ke lapangan, bagaimana kondisi perkembangan dan penanganan terhadap Imigran Rohingya oleh UNHCR dibantu percepatannya oleh Satuan Tugas Kota Lhokseumawe, TNI-Polri, NGO, LSM dan segenap masyarakat lingkungan sekitarnya," kata Suteikno

Uuntuk sementara Pemerintah Pusat telah berusaha mengawal dan membantu proses percepatannya dengan membentuk Satgas Penanganan Pengungsi Rohongya baik dipusat (kemenko polhukam) dan di daerah Pemkot lhoksumawe  mendesak UNHCR untuk membuat program penanganannya baik jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Dalam hal ini akan terus ada pengawasan dan pengawalan dari Satgas Pusat yaitu Kemenko polhukam sesuai prosedur dan aturan hukum yang berlaku.

“Sementara penangananya ini yang terbaik yang  bisa dilakukan. Untuk kebijakan penanganan bagi mereka ke depan, tentu berdasarkan hasil monitoring, pemantauan langsung ke lapangan karena setelah pulang dari sini, saya akan sampaikan perkembangannya ke bapak menteri langsung untuk dievaluasi dan nanti bapak menteri langsung yang akan memberikan arahan untuk percepatan penanganannya," ungkapnya.

Lanjut Suteikno, pihaknya sangat berterimakasih kepada Pemko Lhokseumawe yang sudah menampung Imigran Rohingya dan memberikan penanganan yang layak terhadap 99 jiwa tersebut.

"Kita berupaya proses penanganan terhadap mereka bisa secepâtny," tambah Suteiknỏ .(P4/zky)
Komentar Anda

Berita Terkini