Gubsu Serahkan Bantuan Untuk Tangani COVID - 19 Ke Pemko Tanjungbalai

/

/ Sabtu, 11 April 2020 / 07.55 WIB



PILAREMPAT.COM-TANJUNGBALAI | Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk percepatan penanganan Covid-berupa bantuan peralatan kesehatan untuk tim medis yang bertugas.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi kepada Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial saat melakukan kunjungan ke Kota Tanjungbalai (Rabu, 8/4/2020).

Gubsu Edy Rahmayadi beserta rombongan yang terdiri dari dr. Restuti, ADC Gubernur dan awak media TV ONE Ibu Wana tiba di Lapangan Mako Brimob Subden 3B  diasambut langsung Wali Kota H.M Syahrial beserta Forkopimda Tanjungbalai.

Kunjungan Gubsu di Kota Tanjungbalai dalam rangka pengecekan dan peninjauan Posko Batas Kota, Pengecekan Pelabuhan Tikus dan Posko Karantina Sementara antisipasi  pencegahan penyebaran COVID-19 (Corona) yang ada di Kota kerang.

Di Posko Induk Karantina Sementara Covid-19 Kota Tanjungbalai berlokasi di GOR Mini, Jalan D.I. Panjaitan, Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, dalam kesempatan itu Gubsu melakukan komunikasi dengan warga yang berada di lokasi dan menyampaikan agar warga yang di karantina sementara untuk tetap menjaga kesehatannya selama menjalani Karantina. "Saudara sekalian saat ini jangan takut, bapak ibu saat ini tidak sedang dihukum tetapi menjalankan prosedur untuk menimalisir pencegahan Virus Corona, Ujar Edy Rahmayadi.

Usai kunjungan di Karantina Sementara, Gubsu beserta rombongan langsung menuju RSUD dr. Tengku Mansyur untuk meninjau kesiapan Fasilitas ruangan yang akan digunakan sebagai penanganan Covid-19 dan bertemu dengan para tenaga medis yang ada di RSUD dr. Tengku Mansyur Kota Tanjungbalai.saat bertemu dengan para tenaga medis Gubsu menyampaikan" Kita tidak boleh takut dan pasien harus ditangani dengan baik oleh dokter dan perawat. Untuk korban yang meninggal dunia karena terjangkit Covid 19 sewaktu persemayaman dilaksanakan oleh Wali Kota atau Bupati yang ada di daerah tersebut,ucapnya.

"Tempat perawatan harus disiapkan sebanyak empat ruangan masing masing kategori PDP harus 1 ruangan ditempati untuk 1 orang. Saya berjanji untuk selanjutnya akan mengirim bantuan APD dan Ventilator ke Kota Tanjungbalai,"tuturnya.

Pantauan dilapangan,Gubsu menyerahkan bantuan berupa Rapit Test sebanyak 5 kotak dengan jumlah 100 buah, Masker Merk Sensi sebanyak 1.000 buah, Baju APD berjumlah 40 buah, Converal sebanyak 10 buah dan Kacamata gogle sebanyak 10 buah.

Pada kesempatanitu juga para tenaga medis RSUD dr. Tengku Mansyur menerima pembekalan dari dr. Restuti dengan memberikan simulasi pelatihan test bongkar dan pasang APD  yang disaksikan langsung oleh Gubsu, Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial, Bupati Asahan H. Surya beserta para Forkopimda.

Sementara itu,H.M Syahrial usai mendampingi Gubsu, mengucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumut. Menurutnya bantuan tersebut sangat berarti ditengah situasi penanganan covid-19.
"Bantuan ini akan kita gunakan secara maksimal untuk mengatasi dan menuntaskan covid-19, utamanya untuk tenaga medis, puskesmas dan rumah sakit yang menanggani ini. Sejauh ini Pemkot Tanjungbalai bersama seluruh instansi yang ada terus melakukan upaya pencegahan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di kota Tanjungbalai,” ungkapnya.

Selain itu, dengan giat melakukan penyemprotan disinfektan di area Perkantoran, area publik, dari jalan-jalan protokol, pasar, fasilitas umum lainnya, bahkan ke lingkungan permukiman warga.

“Keberhasilan kita memerangi covid-19 tergantung dari kesadaran, ketaatan, dan disiplin masyarakat terhadap aturan dan imbauan yang dikeluarkan pemerintah, jika masyarakat benar-benar mentaati, bekerja dan belajar di rumah, tidak berkumpul-kumpul, maka covid-19 ini akan berakhir,” pungkas Syahrial. (P4/Rimanto)


Komentar Anda

Berita Terkini