Penerima PKH di Aceh Utara 42.446 KPM

/

/ Sabtu, 22 Februari 2020 / 07.31 WIB


Kadis Sosial Aceh Utara, Zulkarnaini didampingi Sekdakab Aceh Utara, Abdul Azis, SH,MM,MH. 
PILAREMPAT.COM-LHOKSEUMAWE : Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Aceh Utara sebanyak  42.446 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai dengan data final closing tahap II 2020.


Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3) ,  Zulkarnaini  kepada Pilarempat .com mengatakan, PKH yang ditempel Pendamping PKH Saat ini berjumlah 25.000 lembar  untuk 16  Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara.

Dikatakannya, jumlah Stiker 25.000 lembar, sedang Penerima PKH 42.446 Sehingga tidak  semua KPM di Kecamatan Aceh Utara kita tempel stiker.

"Kita berharap kekurangan stiker sekitar 17.446 akan diupayakan kembali dalam waktu dekat." ujar Zulkarnaini

Menurut Kadis Sosial Aceh Utara, adapun tujuan pemasangan stiker PKH itu  di rumah rumah PKM merupakan bentuk transparansi dan bagian dari monitoring serta evaluasi oleh pelaksana program PKH,  agar data penerima PKH dapat diketahui oleh seluruh masyarakat.

Selain itu untuk menumbuhkan kesadaran bagi KPM bahwa bantuan Sosial PKH diperuntukkan buat keluarga kurang mampu, bisa saja dalam penyampaian secara lisan KPM  kurang percaya sehingga kita pasang stiker.

Pelaksana PKH dalam yaitu  Pendamping PKH sebenarnya sudah banyak KPM PKH yang sudah  sejahtera, kita keluarkan (graduasi) dengan  kita Lakukan Pemutakhiran Data Sosial Ekonomi (PDSE) di sistem EPKH. Kemudian kita lakukan pendekatan persuasif sehingga banyak juga yang  mengundurkan diri dari kepesertaan PKH.

Penempelan stiker juga merupakan upaya lain kita utk mengeluarkan KPM yang sudah  mampu secara ekonomi atau Sejahtera,ujar Kadis Sosial

Dia menyebutkan, penerima PKH Aceh Utara Sesuai dengan Hasil Pemutakhiran Data Thp II 2020 Yg baru saja Kita Final Closing datanya di EPKH pada 5 Februari 2020 berjumlah 42.446 KPM, Terdapat 1.482 KPM yang kita Keluarkan dari  Kepesertaan PKH yang terdiri atas 1.400 KPM Graduasi Habis Komponen Kesehatan, Pendidikan dan Lansia serta 82 KPM yg kita Graduasi karena  KPM Sejahtera.

Sedangkan untuk KPM Graduasi Mandiri (Mengundurkan) diri karena Efek dari Penempelan stiker akan kita graduasi dari sistem Pada Pemutakhiran Februari ini mengingat Proses penempelan stiker sampai dengan  saat ini sedang berjalan di kecamatan kecamatan . Kita perkirakan pada akhir  Februari  2020 jumlah KPM Graduasi Mandiri (Mengundurkan) ada 800 KPM.

"Saat ini Penempelan stiker masih dalam proses dan data KPM yg Mengundurkan diri sedang kami Rekap," ujar Zulkarnaini. (P4/Zky)

Komentar Anda

Berita Terkini