Khairul Mahalli: Koperasi Pusperindo Resmi Jadi Anggota Kadin Sumut

/

/ Kamis, 20 Februari 2020 / 18.44 WIB


Ketua Umum Kadin Sumut, Khairul Mahalli (foto:P4/isya)


Pilarempat.com-Medan : Koperasi Pusat Perikanan Indonesia (Pusperindo) akan membuka cabangnya di Sumatera Utara sekaligus resmi menjadi anggota Kamar Dagang (Kadin) Sumatera Utara.
"Kadin menilai, visi misi Koperasi Pusperindo yang berkantor pusat di wilayah DKI Jakarta perlu didukung, karena memiliki cita cita meraih kedaulatan pangan sektor kelautan dan perikanan nasional," kata  kata Ketua Umum Kadin Sumut, Khairul Mahalli seusai pertemuan dengan sejumlah pengurus, di Medan Club, Rabu (19/02/2020) malam.
Menurutnya, kedaulatan pangan inilah yang belum tercapai di negeri ini. Padahal tak bisa dipungkiri pangan kebutuhan hidup seluruh rakyat Indonesia yang harus terpenuhi. 
Kegiatan yang membahas dan merealisasikan program kerja 2020 itu, antara lain dihadiri Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Sumut, Irfan Mutyara, Wakil Ketum, Wakil Ketum Pariwisata, Wakil Ketum Perhubungan dan Wakil Ketum Diklat, Kabid Koperasi, Kabir. Dalam rapat dan sharing tersebut. Mereka melaporkan kinerja di bidang masing-masing.
Mahalli juga menilai misi Koperasi Pusperindo yaitu menjamin ketersediaan pasar hasil perikanan pelaku usaha perikanan termasuk distribusi hasil perikanan baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri.
“Tak kalah penting menyediakan jasa sarana dan prasarana hasil produksi perikanan serta pengembangan sumber daya manusia pelaku usaha tersebut sehingga mampu menghasilkan produk berdaya saing tinggi sekaligus meningkatkan manajemen bidang pengelolaan usaha perikanan,” ungkapnya.

Dalam pertemuan dengan Ketua Koperasi Pusperindo, Sulaiman, pihaknya telah melalukan koordinasi dan membicarakan program kerja koperasi di Sumatera Utara.Diharapkan membuahkan hasil.
“Kadin juga berharap koperasi ini dapat memberdayakan pelaku usaha perikanan maupun nelayan setempat. Soalnya potensi kelautan daerah ini cukup menjanjikan. Bahkan perlu mendirikan industri pengelohan ikan di Sumut,” himbau Mahalli.
Sementara dalam pertemuan dengan para pengurus Kadin antara lain membahas kelanjutan program kerja terkait UMKM, pengiriman UMKM pelatihan di Jepang,sektor pariwisata dan penerobosan pasar ekspor.
“Dalam waktu dekat, kita akan kedatangan Dubes Tanzania bertemu dengan jajaran Kadin membahas berbagai peluang ekspor dan bisnis lainnya. Semua pengurus Kadin harus siap memberi masukan kepada tamu dari Tanzania yang insya Allah datang pada 28 Februari ini. Karena itu,  kita meminta pelaku UMKM terus berbenah diri menghadapi berbagai peluang bisnis di sana,,” himbau Mahalli. (P4/isya)


Komentar Anda

Berita Terkini