-->

Wabup Deliserdang,HM Ali Yusuf Siregar: Bangun Citra Pariwisata & Ekonomi Melalui Pesta Rakyat

/

/ Rabu, 15 Januari 2020 / 12.24 WIB


PILAREMPAT.COM,DELISERDANG | Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar Hadiri Pesta rakyat di Desa Wisata Denai Lama yang merupakan salah satu Desa Wisata Kampoeng Lama yang ada di Kabupaten Deliserdang, Selasa (14/1/2020).
Desa wisata Kampoeng Lama ini  terletak di Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang, terbentuk dengan melibatkan pemerintah Desa setempat dan stakeholder untuk membangun citra pariwisata di Kabupaten Deliserdang.

Selain itu Juga Bupati HM Ali Yusuf Siregar bersama Eksekutif GM Angkasa Pura II, Djodi Prasetyo beserta Kabid Bina Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Muchlis Nasution  juga meresmikan secara langsung sanggar lingkaran ruang belajar dan studio latihan tari dan musik tradisional PKBM Lingkaran di Desa Wisata Kampoeng Lama, Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang.

Kedatangan Wabup beserta rombongan disambut dengan tarian-tarian daerah dan  berbagai karnaval budaya , dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran UMKM Kecamatan Pantai Labu.

HM Ali Yusuf Siregar mengatakan, Pesta rakyat adalah sebuah perayaan yang sifatnya adalah ungkapan rasa syukur atas sebuah keberhasilan serta terwujudnya sebuah keinginan yang di cita - citakan, yang bersifat sosial, mengutamakan kebersamaan dan keakraban. Begitu juga halnya dengan apa yang kita lakukan pada hari ini, menyelenggarakan kegiatan pesta rakyat, sebagai ungkapan rasa syukur, atas karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT, tempat ini memiliki beragam potensi mulai dari alam, budaya yang selama ini telah dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat di tempat ini, sehingga desa denai lama ini, ditetapkan menjadi desa vokasi, daerah tujuan wisata, dengan tetap menjaga dan melestarikan budaya kearifan lokalnya.

“Karena itu, rangkaian dari kegiatan pesta rakyat yang diisi dengan kegiatan seni pertunjukan rakyat, pasar malam, karnaval budaya, pameran dan bazar hasil produksi masyarakat ini, tidak hanya menjadikan Desa Denai Lama ini, semakin dikenal memiliki beragam kekayaan potensi alam, budaya dan sumber daya manusianya saja, akan tetapi lebih dari itu, kecamatan pantai labu secara keseluruhan, dapat menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang dan berkunjung ke tempat ini, yang muara akhirnya, dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Dia juga berharap, kegiatan pesta rakyat ini, dapat terus berlanjut dan menjadi cikal bakal pesta rakyat Kabupaten Deli Serdang.

Eksekutif General Manager AP II, Djodi Prasetyo mengatakan antara lain,melalui pelaksanaan program bina lingkungan monumental tahun 2019,melalui implemantasi program dengan menyerahkan bantuan bangunan berupa ruang belajar dan studio latihan musik tradisional di Desa Denai Lama Kec. Pantai Labu adalah wujud kepedulian PT Angkasa Pura II dengan total bantuan yang telah kami salurkan senilai Rp. 509.340.000,.

Mewakili Gubernur Sumatera Utara,Kabid Bina Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumuta mengatakan, sangat mengapresiasi kepada Pemkab Deli Serdang, terlaksananya kegiatan pesta rakyat ini sekaligus peresmian lingkaran ruang belajar dan studio latihan tari dan musik tradisional di Desa Wisata Kampoeng Lama, Desa Denai Lama Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deliserdang atas bantuan CSR AP II Kuala Namu International Airport (KNIA). Karena dengan kegiatan ini kreativitas masyarakat dapat dikembangkan dan member peluang peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami yakin Kabupaten Deli Serdang khususnya Desa Denai Lama ini merupakan salah satu desa yang mencintai dan dapat melestarikan budaya yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaen Deli Serdang. Melalui pesta rakyat ini nyatalah, perbedaan budaya tidak menghalangi kita untuk saling berinteraksi dan saling memahami antar satu dengan yang lain dalam memupuk sikap kebersamaan,” ungkapnya. (P4) 



Komentar Anda

Berita Terkini