Penyerahan DIPA 2020 dan Penandatanganan Fakta Integritas Dihadiri Walikota

/

/ Minggu, 15 Desember 2019 / 11.30 WIB




PILAREMPAT.COM, TANJUNGBALAI | Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan Tahun Anggaran (TA) 2020 kepada KPA Satker kementerian/lembaga di tiga Pemda yakni Kota Tanjungbalai, Kabupaten Asahan dan Batubara sekaligus penandatangan Pakta Integritas yang dilaksanakan, di Aula Balai Kota Tanjungbalai, (Jumat, 13/12/2019).

Syahrial didampingi Kepala KPPN Tanjungbalai Sondang Rotua Sihaloho menyerahkan DIPA Petikan TA 2020 kepada instansi kementerian/lembaga yang ada di lingkup Kota Tanjungbalai, yang diterima oleh Polres Tanjungbalai, Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai, Kajari Tanjungbalai, Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Tanjungbalai, Kantor Pertanahan Tanjungbalai, Lanal TBA dan Stasiun Karantina Tanjungbalai Asahan

Kepala KPPN Tanjungbalai Sondang  Rotua mengatakan, DIPA TA 2020 itu diserahkan berjumlah 64 DIPA, dengan nilai nominal Rp. 612.25 Miliar turun 46% dibanding awal tahun 2019 sebesar Rp. 1.13 Triliun yang seluruhnya merupakan DIPA satuan kerja instansi vertikal (Kantor Daerah) yang meliputi, Kota Tanjungbalai 26 DIPA sebesar Rp. 194.33 Miliar, Kab. Asahan 23 DIPA sebesar Rp. 272.79 Miliar dan Kab. Batubara sebanyak 15 DIPA sebesar Rp 145.12 Miliar.

Besaran Pagu DIPA tahun 2020 perjenis belanja meliputi Belanja Pegawai sejumlah Rp. 372.97 Miliar, naik 17.53% dibanding tahun 2019 sebesar Rp. 317.34 Miliar, belanja barang sebesar Rp 226.01 Miliar, turun 22.81% dibanding tahun 2019 sebesar Rp. 292.80 Miliar dan belanja modal sebesar Rp. 13.27 Miliar, turun 62.67% dibanding tahun 2019 sebesar Rp 35.56 Miliar.

“DIPA merupakan dokumen APBN yang menjadi acuan bagi para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) untuk melaksanakan program pembangunan mewujudkan visi dan misi Presiden Jokowi, yakni Indonesia Maju,” kata Kepala KPPN Sondang Rotua Sihaloho

APBN 2020 mempunyai peran strategis untuk mencapai sasaran pembangunan nasional secara bertahap. Bahkan, kebijakan fiskal 2020 ini mengusung tema APBN untuk akselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas sumber daya manusia. Inovasi dan penguatan kualitas sumber daya manusia menjadi kunci memacu perekonomian tumbuh lebih tinggi, menggairahkan investasi dan ekspor, serta mendorong daya saing nasional.

“Langkah tersebut harus dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia yang adil dan makmur, serta merata,”terangnya.

Untuk mencapai target pembangunan, memacu pertumbuhan ekonomi, pengurangan pengangguran dan kemiskinan, serta pemerataan pembangunan, diperlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, terutama para KPA Satker dan Kepala Daerah.

Pemerintah telah menyiapkan 5 program prioritas kerja, pembangunan sumber daya manusia; pembangunan infrastuktur; penyederhanaan segala bentuk kendala regulasi; transformasi ekonomi; dan penyederhanaan birokrasi.

Program peningkatan SDM dan perlindungan sosial kepada masyarakat juga terus diperkuat dan dipertajam. Pemerataan pembangunan ke daerah juga ditingkatkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Insentif Daerah (DID), Dana Infrastruktur, dan Dana Desa.

Rangkaian penyerahan DIPA dan daftar TKDD diawali pada tanggal 14 Nopember 2019 di istana negara, jakarta yang mana penyerahannya langsung diberikan oleh Presiden Joko Widodo secara simbolis kepada 12 Kementerian/Lembaga yang memiliki nilai prioritas belanja pemerintah yang tinggi dan memiliki peran strategis. Selain itu, Presiden juga menyerahkan daftar alokasi transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) kepada 34 Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat di daerah.

Selanjutnya, pada tanggal 19 Nopember 2019 kegiatan yang sama telah dilaksanakan di Propinsi Sumatera Utara didampingi Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan. Maka sebagai rangkaian terakhir dari kegiatan ini, pada hari in i diselenggarakan kegiatan yang sama oleh KPPN Tanjungbalai di wilayah kerjanya, Papar Kepala BPPN Tanjungbalai.

Dengan diserahkannya DIPA dan penyerahan daftar alokasi transfer  ke daerah dan dana desa (TKDD) 2020, diharapkan para pimpinan satker serta para Bupati/Walikota dapat segera berkoordinasi dengan seluruh jajarannya untuk dapat menindaklanjuti arahan gubsu untuk melaksanakan APBN/APBD tahun 2020 secara cepat, tepat, transparan dan akuntabel. Hal ini dalam rangka memberikan kerja nyata untuk rakyat dalam melaksanakan program program pembangunan di wilayah Asahan, Batubara dan Tanjungbalai, tutup Kepala BPPN Tanjungbalai.

Sementara itu Syahrial dalam sambutannya mewakili tiga Pemerintah Daerah mengatakan kegiatan yang diselenggarakan oleh KPPN Tanjungbalai yakni penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi Transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) tahun anggaran 2020. Hal ini sesuai harapan dan amanat Presiden Joko Widodo yang mengingatkan bahwa belanja negara harus benar benar mendatangkan manfaat yang nyata bagi kesejahteraan rakyat, jangan bangga kalau realisasi anggaran kita berada pada 99% daro nilai anggaran 100% tapi rakyat tidak merasakan atas anggaran yang dibelanjakan.

Presiden juga menekankan saat ini tak kalah pentingnya adalah pemerintah daerah harus dapat memastikan bahwa anggaran belanja yang dibelanjakan harus untuk barang barang yang berkualitas baik dan dikucurkan untuk program yang juga berjalan dengan kualitas yang baik sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Jangan hanya Sent yang diurus, tapi juga memastikan Delivered. Artinya setiap kepala daerah bisa memastikan bahwa bukan hanya realisasi belanja yang habis, tapi daerah juga dapat barang (aset) dan rakyat dapat manfaatnya,tuturnya.

"Pada kesempatan ini, saya mengimbau seluruh komponen yang bertanggungjawab atas dana yang ditetapkan sesuai DIPA, untuk dapat dilaksanakan sesuai kebutuhan dan dalam memenuhi arahan dari bapak Presiden Joko Widodo dan selanjutnya pada seluruh OPD yang mengelola dana ini agar dapat lebih serius," tegasnya

Turut hadir pada acara ini, mewakili Bupati Asahan dan Batubara, Forkopimda Kota Tanjungbalai, Kepala Satuan Kerja Instansi Vertikal wilayah Tanjungbalai, Asahan dan Batubara, Kepala OPD dan Undangan lainnya.

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Wali Kota Sibolga, Edi Polo Sitanggang, para Kuasa Pengguna Anggaran kementerian/lembaga dan Satker yang ada di wilayah Sibolga-Tapteng, dan undangan lainnya. (P4/Rimanto)

Komentar Anda

Berita Terkini