-->

Wali Kota Tanjungbalai Doakan Kecamatan Datuk Bandar Timur Dapat Meraih Juara

/

/ Kamis, 28 November 2019 / 05.53 WIB


PILAREMPAT.COM,TANJUNGBALAI | Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH bersama Wakil Wali Kota Drs. H Ismail menerima kunjungan Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu), di Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Rabu, (27/11/2019).

Kunjungan kali ini merupakan yang kedua dan merupakan penilaian tahap final, setelah sebelumnya pada bulan lalu (24/10/2019) Tim penilaian hadir di Kantor Camat Datuk Bandar Timur.

Pada kesempatan kali ini Syahrial hadir dan langsung membuka acara tersebut guna memberikan motivasi dan semangat kepada jajaran Kecamatan Datuk Bandar Timur yang sudah masuk tahap final. Hal ini juga dalam upaya Pemkot Tanjungbalai untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dan mendorong aktivitas Kecamatan khususnya Kecamatan Datuk Bandar Timur yang sedang berkompetisi.

Ini juga menjadi momentum untuk pembinaan kader pimpinan pemerintahan untuk masa depan dalam memberhasilkan tugas-tugas pemerintah untuk masa depan.

"Dalam memberhasilkan tugas-tugas pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan dan mengikutsertakan masyarakat agar semakin bergairah menyukseskan pembangunan di wilayahnya,” terang Syahrial.

Beliau juga menyampaikan bahwasanya tujuan dari penilaian kecamatan terbaik ini dilaksanakan setiap tahun adalah sebagai alat evaluasi pemerintah terhadap kinerja kecamatan. Syahrial mengingat kembali kunjungan tim ini sebelumnya ke Kantor Camat Datuk Bandar Timur yang merupakan kecamatan terbaik di Tanjungbalai tahun 2019, sehingga di promosikan sebagai duta Kota Tanjungbalai untuk mengikuti penilaian kecamatan terbaik tingkat Provsu 2019.

Wali kota sangat mendukung penuh Kecamatan Datuk Bandar Timur mengikuti kompetisi Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu 2019, hal ini tentunya tidak beralasan dilihat dari beberapa aspek penting yang membuat Kecamatan Datuk Bandar Timur layak disodorkan sebagai kandidat kuat kecamatan terbaik.

Aspek-aspek itu,  antara lain, jelasnya, pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan di Kelurahan, stabilitas keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, Program dan sinergitas yang baik antara Jajaran Kecamatan, Kelurahan dan Muspika dengan masyarakat, Potensi kawasan pariwisata Pulau Beswesen yang berlokasi di kawasan Datuk Bandar Timur dan aspek aspek lainnya. Adapun inti dari penilaian kecamatan terbaik adalah menilai kemampuan Camat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan menggerakkan partisipasi swadaya gotong royong masyarakat serta penilaian kekompakan antara aparat dan masyarakat mulai dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat Kelurahan.
"Dengan tujuan untuk menguatkan kerukunan masyarakat, melalui partisipasi, kerjasama serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan Kelurahan,” ujarnya.

“Dalam kesempatan ini juga saya menyampaikan bahwa kecamatan Datuk Bandar timur di kelilingi sungai Asahan, semasa jabatan saya, Kecamatan Datuk Bandar Timur sudah banyak mendapatkan bantuan terutama dari Provinsi Sumut, kita mendapat bantuan tanggul banjir, dan sudah mendapat knock down, saya atas nama masyarakat Kota Tanjungbalai mengucapkan terima kasih dan akhirnya saya berharap penilaian ini berjalan baik dan objektif," paparnya.

Tim Penilai yang dipimpin Drs. Ervan Gani P Siahaan, Kabag Perbatasan dan pertanahan Biro Pemerintahan Sekdaprovsu menyampaikan, hasil penilaian akan diserahkan kepada Gubsu melalui Sekdaprovsu. Jika Kecamatan Datuk Bandar Timur meraih nilai tertinggi, maka akan menjadi kecamatan terbaik tingkat Provsu dan mewakili Provsu ke ajang tingkat nasional.

Izinkan kami dari tim penilai terbaik tingkat provinsi melaksanakan penilaian Kecamatan ditempat ini dalam proses penilaian tahap final. Pada tahap final ini kami hanya mengkroscek kembali data yang pada saat tahap penyisihan kemarin.

Kami hanya ingin mengatakan, bahwa seorang camat harus mengetahui dalam melaksanakan tugas harus peka terhadap wilayah dan masyarakatnya. Camat harus peka, peduli dan selaras dengan program dari Pemerintah Kota, camat juga harus mengetahui langkah langkah yang dianggap tepat dalam hal setiap persoalan wilayah di Kecamatan, bagaimana seorang camat menggerakkannya dan menyelaraskan dengan program Pemerintah Kota.

Tentunya Kami sangat mengapresiasi terhadap program Wali Kota Tanjungbalai untuk mengembangkan obyek wisata di Kecamatan Datuk Bandar Timur sebagai langkah strategis di Wilayah Kecamatan Datuk Bandar Timur, Ujar Evan G.P Siahaan

Apa yang saya sebutkan, indikator dari penilaian itu adalah kepedulian dan kepekaan seorang camat memanfaatkan potensi di wilayah kecamatannya dan menilai kinerja camat, sebab seorang camat dipantau bukan hanya oleh Pemerintah Daerah baik Tingkat Kab/Kota namun juga ditingkat Pemerintah pusat

"Mari tingkatkan lagi semua aspek yang menjadi penilaian, semoga tercapai sebagai hadiah kerja keras," himbaunya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Syahrial Bhakti, Forkopimda Tanjungbalai, Seketaris Daerah Yusmada SH,M.AP, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala Lingkungan, Organisasi Pemuda, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, masyarakat serta undangan lainnya. (P4/Rimanto)

Komentar Anda

Berita Terkini