PT Pupuk Iskandar Muda Survei Kepuasan Masyarakat Lingkungan

/

/ Jumat, 18 Oktober 2019 / 20.27 WIB

Direktur SDM & Umum PT Pupuk Iskandar Muda (Persero) , Usni Syafrizal menyerahkan bantuan rumah kepada dua orang penerima di acara Survei Kepuasan Lingkungan , Kamis, 17 Oktober 2019. ( Foto.P4/zky).


PILAREMPAT.COM, LHOKSEUMAWE | PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) Persero yang terletak di Kabupaten Aceh Utara, Kamis, 17 Oktober 2019 melakukan kegiatan survei  terhadap kepuasan masyarakat lingkungan perusahaan yang berlangsung, di Gedung Serba Guna PT PIM.

Kegiatan tersebut turut dihadiri ulama kharismatik Aceh Utara, Tgk  H Mustafa H Achmad, Muspika Kecamatan Dewantara,  Manajer PKBL Pupuk Indonesia (persero), Tim peninjau SKL  PT PIM dari anggota Holding PT Pupuk Indonesia, yaitu PT Pupuk Indonesia, PT Pupuk Sriwijaya Palembang, PT Pupuk Kaltim,, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang Cikampek dan PT Rekayasa Indusri, kepala Bappeda Aceh Utara dan udangan lainnnya.
Manajer CSR & RKBL, Zulhadi  dalam laporannya mengatakan, survei kepuasan lingkungan dilakukan unuk mengetahui dan melihat respon  masyarakat atas peran dan kontrbusi PIM terhadap tanggungjawab sosial perusahaan , maka perlu dialakukan penilaian kepuasan lingkungan, khususnya  terhadap masyarakat  sekitar. Oleh sebab itu katanya, kegiatan ini dlakukan setiap tahun dan telah dilaksanakan  sejak tahun 2013  yang lalu.
Lebih lanjut Zulhadi mengatakan, pada tahun 2019 jumlah responden  yang berpartisipasi adalah 170 orang yang berasal dari   masyarakat  desa lingkungan ring-1 perusahaan, yaitu Desa Tambon Baroh, Tambon Tunong, Keude Krueng Geukuh, Blang Naleung Mameh,  Paloh Gadeng, Blang Mee, dan Dusun Madat serta mitra binaan PIM. 
Pada kesempatan tersebut Zulhadi juga menyampaikan, PT PIM berupaya untuk dapat berperan dan berkontribusi  terhadap tanggungjawab sosialnya dengan memberikan bantuan baik dalam bentuk pola pendampingan  maupun lainnya kepada masyarakat sekitar. 
Pada tahun 2019  PT PIM telah menyalurkan  bantuan dalam berbagai bentuk kepada  masyarakat lingkungan perusahaan, bantuan  tersebut antara  lain pemberdayaan  ekonomi masyarakat berupa modal usaha, bantuan pendidikan berupa bantuan beasiswa    kepada 103 siswa, bantuan beras  rutin untuk kaum dhuafa sebanyak  3,1 ton, dengan realisasi  dana Rp 208 juta,  bantuan pembangunan  8 dayah dan  21 masjid, pembuatan sumur bor, serta bantuan rutin penerangan listrik kepada 79 meunasah dan   masjid  desa lingkungan. 
Dilaporkan Zulhadi, Pelaksanaan survei akan dilakukan oleh resonden dengan mengisi  kuesioner yang  telah disiapkan yang  berisi empat penilaian, pertama mengenai hubungan perusahaan dengan  masyarakat di sekitar lokasi oprasional perusahaan , kedua Peran perusahaan kepada masyarakat  sekitar lokasi pabrik , ketiga sikap dan pandangan masyarakat  sekitar terhadap perusahaan, dan keempat  saran saran dari masyarakat. 
Sementara itu Direktur SDM & Umum PT PIM,  Usni Syafrizal dalam sambutannya mengatakan,  PT PIM selama ini telah mengambil peran penting dalam melakukan pembinaan lingkungan dengan memberikan perhatian terhadap  aspek pendidikan,  agama, kesehatan, pemberdayaan ekonomi  masayarakat dan olahraga. 
Dikatakan, walaupun keadaan   perusahaan  saat ini  masih belum  stabil baik secara operasional  maupun finansial, namun  kepedulian perusaahaa kepada masyarakat akan terus  tersalurkan melalui   program program  CSR yang meliputi  beberapa  aspek. 
Sebagaimana diketahui Kawasan Ekonomi  khusus Arun Lhokseumawe  (KEKAL) telah diresmikan Desember 2018 oleh presiden, ini akan menjadi sangat bagus  bagi semua pihak didalamnya, oleh karena itu saya mengajak  masyarakat untuk  berpartisipasi aktif dalam menciptakan suasana  yang aman dan kondunsif sehingga para investor tidak ragu  untuk berinvestasi di daerah ini. Dengan masuknya investor, secara langsung maupun tidak langsung perekonomian Aceh Utara akan tumbuh  dan lapangan kerja  baru akan terbuka.
Usaha usaha  kecil dan menengah  juga akan semakin  kencang, sehingga  nantinya semakin  banyak masyarakat yang akan merasakan dan  menikmati manfaatnya serta keuntungan  baik secara ekonomi maupun sosial. 
Lanjutnya, tanpa dukungan masyarakat  Aceh khususnya dan  masyarakat lingkungan, tidak akan  mungkin perusahaan yang kita cintai  ini dapat berkembang maupun menuju ke  arah yang lebih baik dan konpetitif.  Pada kesempatan itu Direktur SDM & Umum mengajak masyarakat sekitar perusahaan pada khsusunya untuk salfing bekerjasama  untuk  menyukseskan program perusahaan demi  kepentingan  semua pihak. (P.4/ZKY).



Komentar Anda

Berita Terkini