Ketua Kampung BPRPI Desa Sampali Terpilih

/

/ Senin, 28 Oktober 2019 / 03.50 WIB



PILAREMPAT.COM, PERCUT ST | Setelah melalui hasil penggodokan beberapa hari hingga pemilihan, pengurus Wilayah dan Ketua Adat bersama ratusan masyarakat melakukan pelantikan Ketua dan Pengurus Kampung Badan Perjuangan Rakyat Penunggu Indonesia (BPRPI) Desa Sampali, di Kantor BPRPI Desa Sampali, Jalan Afnawi Nuh, Kecamatan Percut SeiTuan, Minggu (27/10/22019).

Sebelum dilantik, Ketua Wilayah Deli, Tumbur Sitomeang menyebut bahwa acara ini merupakan melanjutkan pertemuan beberapa waktu sebelumnya berdasarkan masukan data anggota yang diterima oleh pengurus wilayah. Dimana minggu yang lalu pada tanggal 20 Oktober 2019, masyarakat telah melakukan pemilihan Ketua Adat yang baru dan memenangkan M. Daud sebagai ketua terpilih di kampung Sampali.

Maka dari itu, dalam pengurusan nantinya Ketua terpilih menyegerakan membentuk kestrukturan Ketua Adat. Sebab, dalam kepengurusan Ketua Kampung yang lalu, Ketua Adat belum terbentuk.

"Supaya masukan-masukan dan segala bentuk kegiatan maupun aturan yang ada bisa disalurkan ke atas (Wilayah maupun Pusat)," kata, Tumbur Situmeang.

Selanjutnya, Tumbur menegaskan bahwa Ketua Kampung harus membentuk program kerja. Sehingga siapapun pengurus dibawahnya yang ditunjuk agar dapat menyalurkan program-program yang telah difikirkan terlebih dahulu.

Tumbur juga berpesan, demi kemajuan organisasi BPRPI, masyarakat dan pengurus sebagai Rakyat Penunggu dan memiliki lahan untuk diduduki, agar dapat menyelesaikan segala keperluan yang ada kepada Ketua yang baru.

"Guna menghidupi roda organisasi sekiranya dapat menyelesaikan segala urusan warga yang tertunda. Agar dapat menyelesaikan kewajibannya. Mungkin yang lalu tidak ada sinergis antara pengurus, jadi kita tidak mau lagi seperti itu," jelasnya.

Dirinya juga berharap setelah ditentukannya Ketua yang baru, dapat dipedomani secara legalitas yang sah. Akan tetapi, dirinya selaku perwakilan Kepengurusan BPRPI Wilayah, memberikan tempo waktu agar dapat melihat berjalannya roda kepemimpinan Ketua Kampung yang baru.

"Jadi, nanti akan kita lakukan kembali pertemuan untuk menuntaskan ini. Kita lihat dulu, dalam tempo satu bulan kedepan ini atau selambatnya Minggu 20 September 2019 kepengurusan yang baru dapat direalisasikan dalam kemajuan masyarakat BPRPI," tegasnya.

Usai mendengar beberapa masukan dari Ketua Wilayah dan beberapa dari perwakilan masyarakat, Ketua Kampung yang lama, Syafrizal atau yang akrap disapa Pak Seh, ikut serta dalam penyerahan Pataka atau bendera BPRPI tanda dilantinya M. Daud yang langsung diberikan Tumbur Situmeang.

Sementara itu, Ketua terpilih, M. Daud mengucapkan terimakasihnya kepada seluruh masyarakat yang memilihnya dan mengucapkan terimakasih kepada anggota Dewan Sumut pak Safrizal, dan Ketua Wilayah dalam memilih hingga dirinya dilantik.

Sebagi ketua terpilih, M. Daud berjanji akan menindaklanjuti segala bentuk masukan maupun saran dari para tokoh adat BPRPI dan pengurus serta masyarakat yang tentunya sesuai dengan AD/ART organisasi BPRPI.

"Kedepannya program tambahan yang jadi sasaran saya adalah melakukan perbaikan ataupun pembersihan jalan dikampung kita ini, pengadaan lampu-lampu listrik jalan," sebutnya.

Dirinya juga mengaku akan menggalakkan program tersebut bersama-sama dengan masyarakat.

"Termaksud point lainnya yakni masalah keamanan yang tentu harus kita jaga. Tentunya melibatkan kerjasama pemerintah Desa dan melibatkan pemuda untuk menjaga keamanan dari pencurian serta memberantas dan menjauhi narkoba," pungkas M. Daud sembari berharap masyarakat kampung dapat mendukung program dan apa yang dicita-citakan bersma. (P4/sya/rilis)

Komentar Anda

Berita Terkini