Wujudkan Good Governance Pemko Medan Gelar Bimtek Tata Naskah Dinas

/

/ Sabtu, 28 September 2019 / 04.13 WIB





Pilarempat.com, Medan | Dalam rangka memberikan pemahaman serta menyamakan persepsi terkait naskah  dinas di lingkungan Pemko Medan, guna  mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari sehingga terciptanya tertib administrasi penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan, Pemko Medan melalui Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setdako Medan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Naskah Dinas Di Lingkungan Pemko Medan di Swiss Belinn Hotel Medan, Rabu (25/9/2019).

Bimtek ini diikuti sebanyak 136 orang peserta berasal dari sekretaris, kabag dan kasubbag administrasi dan umum serta yang membidangi ketatausahaan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan. Seluruh peserta akan mengikuti bimtek  selama dua hari mulai  25-26 September dengan menghadirkan  narasumber dari Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Jenderal Kementerian  Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) RI.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Asisten Umum Setdako Medan Renward Parapat yang membuka bimtek  mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi ASN dalam meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap apratur dalam bidang tata naskah dinas terkait proses administrasi dalam lingkup kerjanya masing-masing.

Dikatakan Renward, Pemko Medan guna mewujudkan good governance akan selalu berbenah diri dalam berbagai aspek,  baik peningkatan kedisiplinan serta kualitas dan kompetensi ASN yang bersifat administratif maupun ketrampilan teknis serta perbaikan tata laksana penyelenggaraan pemerintah.

"Untuk itulah Pemko Medan memberikan kesempatan kepada para apraturnya  untuk mengikuti berbagai bimtek dan diklat  baik yang dilaksanakan Pemko Medan maupun pihak lain," kata Renward.

Kemudian Renward menjelaskan,  bimtek yang digelar ini merupakan salah satu  upaya untuk meningkatkan kemampuan dan  profesionalisme ASN di lingkungan Pemko Medan. Hal ini lanjut Renward, seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

"Seorang ASN dituntut untuk selalu meng-upgrade pengetahuan dan kemampuan agar tidak tertinggal dalam mengikuti ritme perkembangan zaman. Terlebih lagi saat ini, tuntutan masyarakat terhadap kualitas kinerja ASN sangatlah besar," ungkapnya.

Mantan Kadishub Kota Medan ini selanjutnya memaparkan, bimtek ini selain untuk efisiensi dan efektivitas  administrasi dalam penyelenggaraan pemerintah, juga dilakukan guna penyeragaman tata naskah dinas di lingkungan Pemko Medan.
   
"Yang tidak kalah penting melalui bimtek ini kita harapkan ada kesamaan persepsi terhadap tata naskah dinas yang diberlakukan kepada unsur pemerintah di Pemko Medan dalam menjalankan tugas administrasi secara berdaya guna, baik dalam penulisan, penggunaan ruang atau lembar naskah  dinas, spesifikasi informasi serta penggunaan bahasa Indonesia yang baik, benar dan lugas sesuai Permendagri No.54/2009 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas Di Lingkungan pemerintah daerah dan Perwal No.39/2013 tentang Tata Naskah Dinas Di Lingkungan Pemko Medan," jelasnya.

Selanjutnya di kesempatan itu Renward juga tak lupa mengingatkan, fungsi tata naskah dinas sangat penting untuk pelaksanaan dan mempercepat tercapainya tujuan suatu instansi. Oleh karenya bilang Renward, membuat tata naskah dinas harus hati-hati, teliti dan sesuai dengan pedoman yang telah diberikan sehingga tidak menimbulkan permasalahan  yang ada sehingga akhirnya berpengaruh terhadap kinerja dalam suatu instansi.

"Jadi saya berharap agar seluruh peserta harus dapat mengikuti  bimtek ini dengan serius sehingga Pemko Medan perlahan tapi pasti dapat mewujudkan good governance seperti yang kita cita-citakan bersama," harapnya.

Sebelumnya Kabag Ortala Setdako Medan Gelora Kurnia Putra Ginting dalam laporannya menerangkan, tujuan Bimtek digelar guna tercapainya kesamaan pengertian, bahasa dan penafsiran penyelenggaraan tata naskah dinas. Di samping itu juga untuk terwujudnya keterpaduan pengelolaan naskah dinas dengan unsur lainnya dalam lingkup administrasi.

"Melalui bimtek ini kita harapkan seluruh peserta yang merupakan perwakilan dari OPD di lingkungan Pemko Medan agar lancar dalam komunikasi tulis kedinasan serta kemudahan dalam pengendalian  serta tercapainya efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan tata naskah dinas. Yang lebih penting lagi berkurangnya tumpang tindih, salah tafsir dan pemborosan penyelenggaraan tata naskah dinas," jelas Gelora.

Agar pelaksanaan bimtek berjalan lancar dan menghasilkan tujuan seperti yang diharapkan, Gelora mengatakan pihaknya mengundang Kabag  Tata Laksana Sekjen Kemendagri RI Emmy Yuwati AS SH MAP dan Kassubag Standarisasi  Tata Laksana Pada Biro Ortala Sekjen  Kemendagri RI Kurnia Ningsih Ssos sebagai nara sumber.  (P4/sya)


Komentar Anda

Berita Terkini