Pembangunan INTAKE dan IPA di Tanjungbalai Mulai Dikerjakan

/

/ Selasa, 25 Juni 2019 / 23.29 WIB



Tanjungbalai. Pilarempat.com | Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai terus melakukan pembenahan di berbagai sektor kebutuhan masyarakat, salah satunya pelayanan air bersih di Kota Tanjungbalai.

Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH didampingi Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut, Syafriel Tansier dan jajaran Forkopimda Kota Tanjungbalai meresmikan Pemancangan pembangunan IPA (Instalasi Pengolahan Air) Kapasitas 50 Liter/detik SPAM (sistem penyediaan air minum) IKK Datuk Bandar, Tanjungbalai untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan Kecamatan Datuk Bandar yang terdiri dari 5 Kelurahan.

Ini menjadi bukti keseriusan Pemerintah Kota Tanjungbalai melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kualo untuk mewujudkan Pelayanan air bersih yang memadai dan tercukupi bagi Masyarakat Kota Tanjungbalai.

Pembangunan dimulai dengan pemasangan tiang pancang pertama di Jalan Benteng (Pantai Olang), Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Tanjungbalai, Senin (24/6/2019) Pagi, disaksikan Walikota.

Pembangunan Intake dan IPA 50 ltr/dtk SPAM IKK Datuk Bandar terlaksana berkat usulan program Pemko Tanjungbalai, Ujar Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut Syafriel Tansier.
Diperkirakan penyelesaian Pembangunannya bulan November 2019 mendatang. Output dari pembangunan sarana dan prasarana air minum bukan hanya liter perdetik, melainkan diwujudkan dengan menambah jumlah sambungan rumah sesuai kapasitas terpasang sehingga akan dapat menyentuh langsung ke masyarakat, jelasnya.

Pembangunan IPA 50 ltr/detik di Kota Tanjungbalai didanai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II pada Balai Prasarana Wilayah Sumut.

Terkait dengan pembangunan ini, kami berharap kerjasama dan dukungan Pemko Tanjungbalai bersama seluruh jajaran dalam pemasangan jaringan pipa distribusi tersier dan sambungan rumah sehingga pemamfaatan dari pembangunan IPA 50 Ltr/dtk ini dapat dirasakan oleh masyarakat, " papar Syafriel Tansier.

Sementara itu,Syahrial mengatakan selama ini kebutuhan air bersih di Kota Tanjungbalai melalui PDAM Tirta Kualo telah mengoperasikan 5 (Lima) unit WTP dan 4 (empat) unit sumur bor dengan kapasitas produksi air 372 ltr/dtk dengan capaian layanan kepada masyarakat yakni 67%. Diharapkan nantinya setelah selesai pembangunan WTP VI yang saat ini kita lakukan pemancangan pertama pembangunannya diharapkan dapat meningkatkan pelayanan air bersih di Kota Tanjungbalai menjadi 75%,tuturnya.

“Hari ini adalah tahap awal pembangunan Intake dan IPA IKK Datuk Bandar. Dimana, pembangunan ini dilakukan untuk penambahan kapasitas 50 liter per detik, tentunya hal ini dapat menjawab Kebutuhan air di wilayah Datuk Bandar ”, ujarnya.


Tidak hanya itu, Syahrial menegaskan, pembangunan penambahan kapasitas distribusi air bersih di Kota Tanjungbalai akan terus diupayakan hingga 100 % mencakup seluruh wilayah di Kota Tanjungbalai, sehingga secara keseluruhan kebutuhan Air Bersih di Kota Tanjungbalai bisa terpenuhi.

Mengingat saat ini penyediaan Air bersih di Kota Tanjungbalai yang dilayani oleh PDAM Tirta Kualo dengan Kapasitas Existing 255 ltr/dtk.

Kegiatan pemancangan di kawasan Intake IKK Datuk Bandar ini merupakan kegiatan pembangunan penambahan kapasitas dari instalasi pengelolaan air bersih, untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan Datuk Bandar yang memiliki luas 22,49 Km2 dengan penduduk kurang lebih 37.000 jiwa.

Pembangunan IPA kapasitas 50 ltr/dtk IKK Datuk Bandar berbiaya 13.733.758.000 bersumber dari APBN 2019 dan dikerjakan oleh Kontraktor PT.Monhas Andesrabat Pemancangan pembangunan IPA 50 ltr/Detik IKK Datuk Bandar ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Wali Kota Tanjungbalai bersama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut dan para Forkopimda Tanjungbalai, Dirut PDAM Tirta Kualo dan dilanjutkan peninjauan lokasi. [P4/Rimanto]
Komentar Anda

Berita Terkini