TP. PKK Tanjungbalai Berikan Pelatihan Keterampilan Warga Binaan Lapas Kelas IIB Pulau Simardan

/

/ Sabtu, 27 Oktober 2018 / 08.37 WIB


PILAREMPAT.com-TANJUNGBALAI |  Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Tanjungbalai Ny. Hj. Sri Silvisa Novita Muhammad Syahrial didampingi Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dra. Darul Yana Siregar, Kabid Perindustrian Irmalinda Siahaan pada Perdagangan dan Perindustrian serta Pengurus TP.PKK Kota Tanjungbalai memberikan Pelatihan Keterampilan dan Pembinaan Mandiri Membatik dan Kerajinan Kulit Kerang kepada Warga Binaan Lapas Kelas IIB Pulau Simardan, Kota Tanjungbalai Jumat, (26/10/2018).

Sri Silvisa mengatakan, tujuan pelatihan keterampilan untuk memberikan keterampilan warga binaan baik perempuan dan Laki-laki untuk memiliki keterampilan dan mampu memiliki usaha saat kembali bersama keluarga.

Ia berharap, kegiatan ini dapat terus berkelanjutan dan benar-benar memberi manfaat bagi seluruh warga binaan. PKK dan Dinas terkait telah banyak melakukan pelatihan keterampilan bagi masyarakat yang memerlukan pekerjaan, kedepannya warga binaan di Lapas Pulau Simardan ini dapat menjadi salah satu sasaran kegiatan yang kami lakukan,tutrnya.

"Saya pribadi sangat berbangga dapat memberi sesuatu yang bermanfaat bagi warga binaan, khususnya perempuan di Lapas ini. Untuk itu harapan saya warga binaan nantinya dapat dengan serius mengikuti pelatihan yang diberikan sehingga menghasilkan produk yang bernilai," ungkap Sri.

Dijelaskanya, Pemko Tanjungbalai berkomitmen untuk melakukan kesetaraan Gender di Kota Tanjungbalai. Kaum perempuan yang menjalani masa hukuman harus tetap mendapat perhatian, karena mereka tetap membutuhkan dukungan dari banyak pihak untuk menuju pribadi dan kehidupan yang lebih baik.

Warga binaan perempuan harus di beri keterampilan yang memadai agar dapat berdaya mandiri secara ekonomi tidak terbatas oleh jeruji besi di tahanan.

"Dengan bekal keterampilan yang didapat selama dalam Rutan ini dapat menjadi modal dalam berwirausaha baik disini maupun setelah bebas atau kembali ke tengah masyarakat," ujarnya.

Sebanyak 40 orang warga binaan baik perempuan dan laki-laki serta staf Lapas Kelas II B Pulau Simardan mengikuti pelatihan membatik dan keterampilan kerajinan kulit kerang.

setelah mengikuti kegiatan ini dapat dijadikan modal untuk merintis usaha setelah keluar menjalani masa hukuman dari Lapas Pulau Simardan.


Sementara Kepala Rutan Kelas II B Pulau Simardan, Jayanta, A. Md, IP, SH mengucapkan terima kasih dan Apresiasi kepada Tim Penggerak PKK dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Perlindungan Kota Tanjungbalai yang telah memberikan ilmu kepada warga binaan di Lapas Pulau Simardan ini.

"Dengan adanya pelatihan ini bisa untuk memberikan ilmu dan bekal bagi warga binaan perempuan kedepannya dalam bidang keahlian membatik dan Kerajinan Kulit Kerang dapat dipraktekkan usai menjalani masa tahanan," katanya.

"Pelatihan Keterampilan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh oleh TP. PKK dan Dekranasda Kota Tanjungbalai kepada Warga Binaan, semoga hal seperti ini dapat terus terlaksana dan berkelanjutan," harapnya.

Kegiatan pelatihan keterampilan berlangsung selama satu hari dimulai dari pagi hingga sore hari dengan dibimbing Pelatih Batik Kito dan Dekranasda Tanjungbalai. [P4/manto]
Komentar Anda

Berita Terkini