Eksistensi PEKNAS Diharapkan Mendorong Perekonomian di Kota Medan

/

/ Rabu, 15 Agustus 2018 / 20.48 WIB

 Ketua PEKNAS Sumut, Riko Silaban  foto bersama  Lurah PB Selayang II, Zuhri Abrar Nasution, S.STP. (foto: ist)

PILAREMP4T.com | Perwakilan Lembaga Penguatan Ekonomi Kerakyatan Nasional perwakilan Sumatera Utara (PEKNAS Sumut) diharapkan mampu mendorong perekonomian sekaligus kesejahteraan di Sumut, khusunya di Kota Medan.

Hal tersebut dikatakan Lurah PB Selayang II, Zuhri Abrar Nasution, S.STP menyambut positif kehadiran lembaga PEKNAS Sumut, sebagai Lembaga yang peduli

terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat misikin, beliau mengajak semua insan untuk bersama-sama mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat kecil.

“Kami sangat menanti kehadiran lembaga seperti ini yang berorientasi kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat misikin, maka saya mengajak semua insan untuk bersama-sama
mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat kecil,” ungkap Zuhri.

Sementara itu, Ketua PEKNAS Sumut, Riko Silaban menjelaskan, PEKNAS sudah didirikan sejak bulan Maret 2016 di Jakarta melalui akte Notaris dan secara legal disahkan

dalam Surat Kemenkum ham RI dengan nomor AHU 0043290.AH.01.07 tahun 2016, dan telah terkonfirmasi sebanyak 23 pengurus wilayah di Indonesia. Adapun visi dari Lembaga PEKNAS ini adalah “Mewujudkan kesejahteraan Rakyat Indonesia secara ekonomi mandiri dan daya saing yang kuat.

PEKNAS yang sejatinya wadah bagi masyarakat misikin kota dan miskin desa ntuk meningkatkan kesejaheraan melalui pendidikan, pelatihan yang kami buat dan pengembangan secara independen dan disini warga dapat menyalurkan ide-ide kreatif dan inovatifnya, dengan begitu kesejahteraan warga akan meningkat,” jelas Riko, Selasa (14/8/2018).

Disebutnya, dalam melakukan pelatihan, pendidikan, kajian, penelitian, analisis dan pengembangan, PEKNAS bekerjasama dengan pemerintah, parlemen, otoritas keuangan, organisasi masyarakat sipil, perguruan tinggi lembaga-lembaga penelitian nasional/ daerah di Indonesia, ormas sipil, BUMN dan BUMD.

“PEKNAS juga akan menjadikan BUMDes (Badan Usaha MilikDesa) salahsatu program pelatihannya karena progam ini langsung bersentuhan dengan masyarakat Desa dan warga

Negara yang terkecil dan merealisasikan fungsi dan peran dalam masyarakat perorangan dan dapat menhimpun semua lapisan masyarakat yang ada di desa, yaitu Kades, LKM, dan sebagainya. Selanjutnya, PEKNAS ikut berperan dalam BUMDes baik dari segi pelatihan, pendampingan dan pengembangan dan bahkan inisiator dalam pembentukan BUMDes jika Desa tersebut belum ada BUMDes nya,” ungkap Riko.

Selain itu PEKNAS meyakini bahwa Koperasi Usaha Kecil dan Mikro (KUKM) merupakan sektor yang penting dan besar kontribusinya dalam mewujudkan peranserta dalam pembangunan ekonomi nasional, seperti meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, kesempatan kerja, pengingkatan devisa Negara dan pembangunan ekonomi daerah .

Untuk itu, PEKNAS mendorong pemerintah baik pusat maupun daerah agar membuat kebijakan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat desa dan perkotaan yang terkait langsung dengan Koperasi dan KUKM.

Dalam hal lain, PEKNAS konsentrasi dalam pembinaan terhadap pemuda di kalangan masyarakat Desa, Pemuda dalam hal bagian dari pengembangan dunia olah raga, maka akan dilakukan pembinaan di bidang olah raga serta pengadaan sarana dan prasarana olah raga desa.

“Taklupa kami juga membantu pemuda yang berprestasi di bidang olah raga, juga akan dilakukan pembinaan dan penyaluran hoby mereka, PEKNAS kedepan akan membantu

memberikan fasilitas dan alat olah raga dengan bekerjasama pada lembaga terkait, pemerintah setempat,” terang Riko.

Untuk menjalankan visi dan misi PEKNAS tersebut, maka PEKNAS Sumut yang memulai langkahnya dengan beraudiensi ke pemerintah daaerah (Pemda) dan Pemko setempat guna menghimpun informasi dan mengenalkan kepada Pemerintah setempat yang juga sebagai mitra kerja PEKNAS kedepannya.

“Hal ini sangat penting dilakukan supaya kegiatan-kegiatan yang nantinya akan direncanakan dan dilaksanakan tepat sasaran, langsung menyentuh kepada masyarakat yang membutuhkan,” paparnya.

Ditambahkan, Hotmanigor, Kabid Antar Lembaga bahwa semua masalah pasti ada solusinya, apapun masalah rakyat kecil bias kita atasi, apabila kita semua dapat bergan dengangan tangan, bergotong royong untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat kecil.

Riko menegaskan, PEKNAS Sumut akan melakukan kegiatan-kegiatan kedepan dalam memerankan sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan di tengah-tengah

pembangunan nasional dengan koordinasi kepada PEKNAS Pusat dan semua lembaga terkait baik swasta maupun pemerintah.

"PEKNAS Sumut berharap masyarakat secara simultan dalam meningkatkan taraf hidup menuju kemandirian dan kesejahteraan seluruh masyarakat Sumatera Utara,” tandas Riko. [P4]

Komentar Anda

Berita Terkini