Nih dia..?!, 5 Negara Kandidat Juara Piala Dunia 2018, Tim Brazil No 1

/

/ Kamis, 14 Juni 2018 / 02.06 WIB


PILAREMPAT.com | PIALA Dunia 2018 akan dilangsungkan di Rusia pada 14 Juni hingga 15 Juli. Sebagai tuan rumah, Rusia pun sudah menyiapkan 12 stadion untuk menggelar turnamen empat tahunan tersebut.

Pada Kamis 17 November 2017 pagi WIB, Peru mengalahkan Selandia Baru 2-0. Keberhasilan mengalahkan Selandia Baru membuat negara yang beribu kota Lima itu pun memastikan tampil di Piala Dunia. Bahkan mereka jadi tim ke-32 atau negara terakhir yang memastikan tempat di Piala Dunia 2018.

Meski Peru ditempatkan di Pot II, Jefferson Farfan dan kawan-kawan tidak dijagokan menjadi kampiun Piala Dunia 2018. Setidaknya ada lima negara yang memiliki peluang sama menjuarai Piala Dunia 2018

Berikut ini 5 negara kandidat juara Piala Dunia 2018:



5. Spanyol
Spanyol gagal total di Piala Dunia 2014. Satu grup bersama Belanda, Cile dan Australia, La Furia Roja –julukan Timnas Spanyol– harus finis di posisi tiga dan gagal melaju ke 16 besar. Keterpurukan Spanyol terus berlangsung dua tahun berselang. Mentas di Piala Eropa 2016, David de Gea dan kawan-kawan disingkirkan Italia dengan skor 0-2 di 16 besar.

Namun, performa Spanyol meningkat semenjak menunjuk Julen Lopetegui sebagai pelatih pada pertengahan 2016. Mantan pelatih FC Porto itu membawa Spanyol superior di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2018. Tergabung bersama Italia, Spanyol sanggup menang sembilan kali dan satu imbang dari 10 pertandingan.

Selain itu, Spanyol juga memiliki sederet pemain brilian. Isco Alarcon sedang menikmati masa-masa indahnya bersama Real Madrid. Begitu juga Alvaro Morata yang sedang tajam-tajamnya bersama Chelsea di Liga Inggris 2017-2018. Dengan begitu, peluang mengulang kesuksesan edisi 2010 pun terbuka lebar.

Setelah menjuarai Piala Dunia 1986, La Albiceleste –julukan Argentina– dua kali melaju ke partai puncak, tepatnya pada 1990 dan 2014. Namun di dua edisi itu, Argentina selalu ditaklukkan Timnas Jerman.


4. Argentina
Tidak sampai di situ, Argentina dalam dua edisi terakhir Copa America (2015 dan 2016) selalu ditundukkan Cile di final. Karena itu, Argentina jelas penasaran untuk mengakhiri hasil apes di atas. Peluang itu terbuka lebar asalkan pelatih Jorge Sampaoli mampu mengeluarkan performa optimal dari sang kapten, Lionel Messi.


3. Prancis 
Prancis mengalahkan Swedia dan Belanda di Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018. Tim asuhan Didier Deschamps itu diberkati pemain-pemain muda brilian. Di saat era Antoine Griezmann belum mencapai masa puncak, Les Blues –julukan Prancis– sudah memiliki Kylian Mbappe dan Ousmane Dembele.

Bantuan pemain muda itu membuat Prancis berpeluang besar mengangkat trofi di akhir turnamen. Apalagi mereka dihuni gelandang termahal di dunia, Paul Pogba, yang berpengalaman membawa Prancis menjuarai Piala Dunia U-20 2013.


2. Jerman 
Jerman negara paling konsisten, terhitung sejak Piala Dunia 2006. Sejak saat itu, performa terburuk Die Mannschaft –julukan Jerman– ialah mentok di semifinal turnamen besar, baik itu Piala Dunia maupun Piala Eropa. Sementara pencapaian terbaik mereka dengan menjuarai Piala Dunia 2014.

Bahkan saat menggunakan mayoritas pemain muda di Piala Konfederasi 2016, tim asuhan Joachim Low tetap keluar sebagai juara. Kedigdayaan Jerman juga berlanjut di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2018. Dari 10 pertandingan, Thomas Muller dan kawan-kawan mengemas 30 poin, alias selalu memenangi laga. Karena itu, menarik melihat kiprah Jerman yang berupaya mengikuti jejak Brasil dan Italia, negara yang pernah memenangi Piala Dunia dua kali beruntun.


1.Brasil
Brazil tampil memesona di Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol. Ketika kualifikasi masih menyisakan empat pertandingan, tim asuhan Tite sudah memastikan tiket di putaran final.

Semenjak ditangani mantan juru taktik Corinthians itu per Agustus 2016, performa Brasil memang meningkat. Selain kecakapan meramu taktik, Tite juga berhasil menemukan pemain-pemain brilian macam Gabriel Jesus yang saat itu membela Palmeiras dan Paulinho yang memesona bareng Guangzhou Evergrande.

Brasil jelas mengincar trofi juara. Jika Canarinha –julukan Timnas Brasil– jadi yang terbaik di Piala Dunia 2018, mereka akan mengemas enam trofi, unggul dua gelar dari Jerman dan Italia. [P4/okz]
Komentar Anda

Berita Terkini