Pasca Gangguan Transmisi yang Mengakibatkan Padam Listrik di Medan Sekitarnya, PLN UID Sumut : Listrik Kembali Menyala dan Pulih100%

/

/ Rabu, 05 Juni 2024 / 07.59 WIB

 

Medan,  PILAREMPAT.com PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara berhasil memulihkan kelistrikan di Pasca gangguan yang terjadi pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat. Kini 100 persen listrik pelanggan di Sumatera Utara yang sebelumnya terdampak telah menyala kembali.

General Manager PLN UID Sumatera Utara, Saleh Siswanto menyampaikan pasca terjadinya gangguan pihaknya langsung gerak cepat melakukan kordinasi dan pemulihan dari sisi pembangkit, jaringan transmisi, hingga jaringan distribusi.

"Setelah terjadi gangguan kami langsung berupaya melakukan penormalan secara bertahap. Kami bersyukur sejak pukul 02.00 dinihari kelistrikan di Sumatera Utara telah menyala kembali 100 persen," ucap Saleh.

Dia juga menyampaikan pihaknya terus melakukan evaluasi agar kelistrikan di Sumatera Utara semakin andal.

"Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung kami dalam melakukan pemulihan listrik. Kami terus lakukan evaluasi dan perbaikan agar kejadian serupa tidak terulang dan kelistrikan di Sumatera Utara semakin andal," ungkap Saleh.

Bagi pelanggan yang membutuhkan informasi dan layanan PLN dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. 

Listrik Padam Bergilir di Kota Medan sekitarnya

Sementara itu, Sejumlah daerah di Sumatera khususnya Kota Medan sekitarnya mengalami padam listrik bergilir secara serentak di beberapa tempat Selasa (4/6/2024) siang hingga malam sampai jelang Rabu (5/6/2024) dinihari.

Manager Komunikasi & TJSL Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara Surya Sahputra Sitepu kepada wartawan Rabu (4/6/2024) malam mengatakan, pemadaman itu karena gangguan sejumlah jaringan transmisi di Pulau Sumatera. 

Surya menegaskan hingga Rabu (5/6/2024) pukul 01.00 WIB, kondisi kelistrikan lebih dari 90 persen atau lebih dari 2 juta pelanggan terdampak di wilayah Sumatera Utara telah kembali menyala.

“Secara bertahap, penormalan dilanjutkan ke jaringan distribusi pelanggan lain yang masih terdampak padam,” ujarnya.

Menurut Surya, saat terjadi gangguan transmisi jaringan Selasa (4/6/2024), PT PLN (Persero) langsung bergerak cepat mengatasi gangguan kelistrikan yang terjadi pada sejumlah jaringan transmisi di Pulau Sumatera

Surya menyebut ratusan personel PLN telah diterjunkan ke lapangan guna menelusuri penyebab gangguan agar segera memulihkan kembali sistem kelistrikan yang terdampak.

“PT PLN (Persero) terus bergerak memulihkan gangguan kelistrikan yang terjadi pada jaringan transmisi di Sumatera bagian selatan secara bertahap,” katanya.

Hal ini diakibatkan adanya gangguan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Linggau-Lahat. Sistem transmisi ini merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera. [P4/rel/sya]



Komentar Anda

Berita Terkini