' Perubahan '

/

/ Sabtu, 27 Januari 2024 / 03.49 WIB

 

“ Perubahan “

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Perubahan adalah sesuatu hal mengenai keadaan atau situasi yang berubah, peralihan ataupun pertukaran.

Dalam konteks Ilmu Sosial, Perubahan bisa terjadi pada berbagai lembaga kemasyarakatan, yang mempengaruhi sistem sosial masyarakat, termasuk nilai-nilai, sikap, pola, perilaku di antara kelompok dalam masyarakat akibat suatu proses dan dinamika yang terjadi di tengah masyarakat.

Perubahan yang muncul dari kondisi yang berkembang di masyarakat bisa terjadi dari hal yang mendasar dan terkecil dalam kehidupan rumah tangga misalnya, hingga kehidupan berbangsa, dalam bidang sosial, ekonomi, politik, hukum, budaya dan pertahanan keamanan.

Namun yang perlu diperhatikan dan digarisbawahi adalah, Perubahan akan tidak maksimal tercapai bila tidak diiringi oleh sikap (attitude) yang adil (fair), kepedulian (consern), empati (empathy) dan etika (ethics).

Perubahan yang diharapkan oleh masyarakat tentu perubahan positif yang membangun dan bermanfaat untuk ummat dan bukan sebaliknya yang terjadi perubahan negatif, yaitu sesuatu yang sudah baik berubah menjadi tidak baik atau tidak bermanfaat bagi masyarakat dalam kehidupannya.

Dalam perspektif Ilmu Komunikasi, Perubahan akan sulit tercapai dan berjalan baik bila tidak disinkronisasikan dengan teori dan konsep Komunikasi itu sendiri.

Perubahan sosial dan perubahan pada bidang dasar kehidupan masyarakat lainnya akan sulit terwujud sesuai yang diharapkan publik tanpa menjalankan proses komunikasi serta menjunjung nilai-nilai etika komunikasi itu dan moralitas yang berkembang dalam masyarakat.

Komunikasi yang efektif dan bermartabat akan mampu menjadi 'jembatan' dan alat untuk mencapai suatu Perubahan, baik itu perubahan di lingkungan sosial yang terkecil dalam masyarakat maupun skala yang lebih besar, dalam konteks terwujudnya kepemimpinan bangsa (Leadership) yang mampu memberikan nilai- nilai keadilan dan kesejahteraan sosial bagi rakyat. 

Sehingga Perubahan yang positif merupakan bagian dari implementasi demokrasi yang bermoral dan beretika. (Muhammad Isya, S.Sos, M.I.Kom)

 

Komentar Anda

Berita Terkini