Bupati Samosir Hadiri Pra Musrenbang, Usulkan Penanganan Jalan Provinsi

/

/ Rabu, 17 Januari 2024 / 21.56 WIB

Samosir, PILAREMPAT.COM - Bupati, Vandiko T. Gultom mengusulkan lanjutan penanganan jalan provinsi di Kabupaten Samosir. Hal itu disampaikan pada saat pra Musrenbang RKPD Sumut 2025 yang dilaksanakan di Hotel Sibayak Kabupaten Karo, Selasa (16/1/2024)

Disampaikan dia, di Samosir terdapat 3 ruas jalan provinsi yang perlu mendapat perhatian lanjutan dari Provinsi Sumatera Utara (Provsu) di 2024 ini, meningkatkan perekonomian masyarakat juga karena merupakan akses penghubung antar kecamatan dan Kabupaten. Ketiganya antara lain ruas jalan Sp. Gotting-Janji Raja, Simarmata-Sinapuran dan Palipi-Parmonangan.

Selain itu, Vandiko juga mengusulkan bantuan Bioflok bagi petani ikan yang terdampak akibat penertiban KJA, bantuan alat pertanian untuk pembuatan pupuk organik, sekolah SMA unggulan untuk menunjang sektor pendidikan, penyediaan alat-alat kesehatan.

“Kami siap bersinergi dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Sumut 2025 . Semoga usulan kami dapat diakomodir, atas dukungan Sumut ke Samosir, Sumut semakin baik dan seluruh kabupaten/kota semakin sejahtera” tandas Vandiko.

Untuk mendukung visi pembangunan Provsu “Sumatera Utara Unggul Maju dan berkelanjutan” dan visi Indonesia Emas 2045 “Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan”, Pemkab Samosir telah menyusun visi pembangunan 2025-2045 yaitu Samosir Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan.

Pj. Gubsu Hassanudin, mengatakan potensi yang paling menonjol dari zona dataran tinggi adalah sektor pariwisata sebagaimana ditetapkanya Danau Toba sebagai DPSP, selain itu juga sektor pertanian hortikultura, perkebunan.

Selain itu, mengajak seluruh kabupaten/ kota menyinkronkan program prioritas sejalan dengan program pusat, meninggalkan ego sektoral dan kewilayahan. “Program pusat sampai ke daerah harus diintegrasikan sehingga seluruh sasaran mudah untuk dicapai. Masing-masing zona juga harus saling terintegrasi”, tutur Hassanudin.

Dijelaskan dia, ada 4 hal yang menjadi prioritas rencana pembangunan di Sumut yakni Peningkatan kualitas SDM, peningkatan pertumbuhan ekonomi inklusif, peningkatan kualitas infrastruktur berkelanjutan dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif. “Saya yakin yang hadir disini adalah orang-orang hebat, mari berikan masukan, ide-ide dan gagasan yang membawa perubahan lebih baik bagi pembangunan di seluruh wilayah Sumut”, ajak Hassanudin.

Tampak hadir antara lain, Bupati Samosir, Bupati Karo, Bupati Toba, Bupati Dairi, Bupati Humbang Hasudutan, Bupati Pakpak Barat, Walikota Pematang Siantar, Wakil Bupati Tapanuli Utara, Bupati Simalungun, dan para pimpinan OPD Provinsi Sumut dan Kabupaten/Kota. (P4/MTurnip)

Komentar Anda

Berita Terkini