Sosialisasikan Hasil Kongres PWI ke XXV di Bandung, PWI Deliserdang Gelar Kegiatan Forum Tatap Muka

/

/ Senin, 18 Desember 2023 / 23.37 WIB

 

MEDAN, PILAREMPAT.com -- Bupati Deliserdang, H.M Ali Yusuf Siregar membuka kegiatan Forum Tatap Muka PWI Deliserdang, dilaksanakan Minggu- Selasa, di Hotel Grand Central, Medan, Minggu- Selasa, (17-19/12)

Kegiatan yang mengambil topik "Mengawal transisi kepemimpinan nasional dan keutuhan bangsa serta mengusung kepemimpinan bermartabat untuk Deliserdang yang maju dan sejahtera", sekaligus mensosialisasikan hasil Kongres ke XXV pada September 2023 lalu di Bandung.

Turut hadir mendampingi Bupati Deliserdang, Kadis Kominfostan DS, Christina Helen Siagian, Kepala BKD,  dan Kepala Kesbangpolinmas, Zainal Hutagalung.

Pada kegiatan itu turut dihadiri Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik SE didampingi Ketua PWI Kabupaten Deliserdang, Lisbon Situmorang ,SE, sekretaris Edward Limbong, SSos.I dan Bendahara Rinaldi Samosir.

Bupati Deliserdang, HM.Yusuf Siregar

Sebagai Narasumber pada pertemuan itu, Ketua Dewan Kehormatan (DKP) PWI Sumut,Drs. M Syahrir, M.I.Kom, Wapemred SKH Waspada, Drs.H Sofyan Harahap dan KPU Deliserdang, Timo Dahlia.

Dalam sambutannya, Bupati Deliserdang, HMA Yusuf Siregar mengatakan, PWI sebagai salah satu organisasi kewartawanan yang sudah lama berkiprah di dunia jurnalistik, memiliki peranan yang sangat strategis.

Melalui tulisan pemberitaan yang disajikan dalam bentuk informasi, kritik dan saran, sudah mencerdaskan kehidupan bangsa seturut dengan fungsi dan perannya sebagai alat sosial kontrol (check and balances) khususnya di era demokrasi yang terus berkembang saat ini.

Karena itu, untuk dapat menjalankan tugasnya secara profesional, maka perlu didukung oleh pengedukasian serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) wartawan, agar nantinya dapat menjadi bekal selama menjalankan tugas - tugas kewartawanan di lapangan. 

Melihat betapa pentingnya pengedukasian serta peningkatan SDM tersebut itulah, maka hari ini, dilaksanakan forum tatap muka PWI Deli Serdang, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman didalam mengimplementasikan ilmu jurnalistik.

Demi menunjang tugas - tugas kewartawanan yang lebih profesional, berwawasan, berkualitas, faktual dan bertanggung jawab. Apalagi di masa-masa tahun politik sekarang ini, peran wartawan dalam membantu menyebarkan sinyal positif kepada masyarakat sangat dibutuhkan, sehingga informasi yang didapat akan lebih akurat. 

Oleh karenanya mari kita “mengawal transisi kepemimpinan nasional dan keutuhan bangsa” dengan tetap damai dan menjaga integritas dalam pemberitaan.

" Atas nama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang mengucapkan terimakasih kepada PWI Kabupaten Deli Serdang atas sinergitas dan kerjasama yang terjalin selama ini. dan saya juga mengucapkan kepada seluruh panitia dan stakeholder lainnya yang sudah membersamai menyelenggarakan kegiatan ini. kiranya apa yang kita lakukan pada hari ini, akan semakin meningkatkan edukasi dan mempererat rasa kebersamaan di antara kita semua, untuk itu kegiatan ini resmi saya buka" ujar Bupati Deliserdang.

Sementara Ketua PWI Kabupaten Deliserdang, Lisbon Situmorang SE mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati. Lisbon menyebutkan, kegiatan ini merupakan program kerja yang berkesinambungan dan telah dilaksanakan kedua kalinya, selama periode Ia menjabat ketua PWI Kabupaten Deliserdang.

Ia berharap agar Pemkab Deliserdang dapat mendukung sepenuhnya program kegiatan PWI, dan memohon agar pelaksanaan HPN (Hari Pers Nasional) tahun 2024 nantinya, seluruh pengurus dan anggota PWI Deliserdang sebanyak 19 orang bisa turut mengikuti HPN di Jakarta.

Ketua PWI Deliserdan, Lisbon Situmorang

Kegiatan yang dilaksanakan hari ini, sebut Lisbon, merupakan hasil kongres ke XXV di Bandung, karena adanya sejumlah perubahan- perubahan pada Peraturan Dasar dan Peraturan Rumahtangga PWI Pusat.

" Kami berharap, aturan yang baru di Kongres dapat terlaksana di daerah dan berharap agar Bupati Deliserdang dapat mendukung sepenuhnya, termasuk pelantikan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Deliserdang" ungkap Ketua PWI Deliserdang.

Sementara, Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik SE sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan PWI Kabupaten Deliserdang.

"Kalian sudah maju satu langkah dari daerah lainnya, karena sudah mengangkat tema HPN 2024 untuk pertemuan hari ini"  kata Farianda.

Farianda berharap seluruh pengurus dan anggota PWI Deliserdang dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya agar lebih profesional serta paling utama menjaga etika wartawan.

"Terpenting jaga etika saat melaksanakan tugas kewartawanan, dan berharap agar Pemkab Deliserdang turut membantu program kerja PWI, karena mengurus wartawan tidak cukup hanya lewat lembaga saja, namun harus ikut terlibat pemerintah" pungkas Farianda. [P4/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini