Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI : Sumut Sumber Tokoh dan Pahlawan Nasional Berkontribusi dalam Mata Uang Rupiah

/

/ Jumat, 10 November 2023 / 20.24 WIB
Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI,Marlison Hakim (foto: P4/Humas BI Sumut)

MEDAN, PILAREMPAT.com Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Marlison Hakim (foto) mengatakan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) merupakan daerah yang menghasilkan banyak tokoh dan pahlawan Nasional serta didukung ragam budayanya. 

Hal ini terbukti dengan beberapa tampilan tokoh dan pahlawan Nasional serta budaya dan keindahan alamnya di lembar/seri mata uang Rupiah sejak zaman Kemerdekaan Republik Indonesia hingga sekarang.

"Kita pilih Kota Medan sebagai penyelenggara Rupawan ini, karena kita tahu Medan dan Sumut banyak menyumbang tokoh dan pahlawan nasional, sehingga kita mengharapkan anak-anak muda kita, generasi milenial untuk membawa semangat atau sprit kepahlawan ini kepada generasi muda," ungkap Marlison Hakim, kepada awak media seusai acara Bincang Rupawan, di Gelanggang Remaja USU, Jalan dr.Mansyur Medan, Jumat sore (10/11/2023).

Ia mengungkapkan, dalam acara ini BI sengaja mengambil momentum Hari Pahlawan karena ini bagian penting dari BI untuk tetap merawat, memelihara dan menjaga spirit kepahlawan dalam pembangunan bangsa. 

"Dengan peran mata uang sebagai simbol negara dan ada sprit di dalamnya maka kita harapkan mereka gebnerasi muda mencintai Indonesia," terang Marlison didampingi Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut, Suharman Tabrani.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim didampingi Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut, Suharman Tabrani saat diwawancara awak media seusai  acara/perhelatan edukasi Rupawan, di Gelanggang Mahasiwa USU.(foto: M. Isya)

Dalam acara ini, kata Marlison Hakim, Bank Indonesia menghadirkan tokoh-tokoh dan narasumber dari latar belakang yang berbeda. 

"Kita sengaja menghadirkan kombinasnya, ada dari anak muda, tokoh masyarakat, dari sisi pendidikan dan pertahanan,' ujarnya.

Disebut Marlison, Kota Medan sebagai kota ketiga yang menggelar acara Bincang Rupawan ini. Dimulai tahun 2021 di Jakarta, kemudian di Makasar tahun 2022. 

Acara ini direspon positif dan antusias oleh sekira 700-an mahasiswa dari  8 Universitas/Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang ada di Medan itu, yaitu; USU, UMSU, UNIMED, UISU, UMA, Polmed, Nomensen dan PancabudiI. [P4/isya]


Komentar Anda

Berita Terkini