Buka Sosialisasi P4GN, Bupati: Wujudkan Samosir Bersih dan Bebas Narkoba

/

/ Senin, 06 November 2023 / 20.23 WIB

 

Samosir, PILAREMPAT.COM - Bupati Samosir diwakili Asisten I Drs. Tunggul Sinaga, MM membuka kegiatan sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Aula AE. Manihuruk, Samosir, Sabtu (4/11/2023),


Sosialisasi ini dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dengan manghadirkan Camat se Kabupaten Samosir serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Kepala Desa perwakilan dari setiap kecamatan.


Adapun narasumber pada kegiatan diantaranya Kepala BNN Pematangsiantar wilayah Samosir, Toba, Humbang Hasundutan dan Kota Pematangsiantar DR. Tuangkus Harianja, MM, Kapolres Samosir yang diwakili Wakapolres Kompol ST. Panggabean, Kajari Samosir diwakili oleh Roland Tampubolon, dan Dandim 0210/TU diwakili Pabung Kapten Arm G. Sebayang.


Tunggul Sinaga menyampaikan, hal ini dilakukan salah satunya untuk mensosialisasikan Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) sebagai Pencegahan P4GN Tahun 2020-2024, agar seluruh stakeholder bersinergi.


Penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional serius karena telah menyebabkan rusaknya mental dan moral bangsa, karena itu pemerintah memberikan perhatian khusus akan hal ini.


Sebagai upaya pemerintah telah mengeluarkan Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika. Dalam Permendagri ini disebutkan bahwa Bupati/Walikota melakukan fasilitasi P4GN dan prekusor narkotika di daerah Kabupaten/Kota. Sekaitan dengan ini, Pemkab Samosir telah membentuk Tim Terpadu yang memiliki tugas, yaitu menyusun rencana aksi P4GN; mengoordinasikan, mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan fasilitasi, menyusun laporan pelaksanaan fasilitasi P4GN di Kabupaten Samosir.


Lebih lanjut Tunggul mengatakan, sebagai daerah kawasan strategis Pariwisata Nasional Danau Toba, Samosir merupakan bagian dari Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan yang semakin besar kedepan.


“Untuk itu, Tim Terpadu P4GN perlu segera menyusun rencana aksi sebagai salah satu upaya konkrit mengantisipasi ancaman bahaya narkoba bagi masyarakat Samosir”, katanya.


Ditambahkan, gerakan P4GN di Samosir sudah dilakukan beberapa tahun terakhir, namun permasalahan narkotika harus dilakukan secara kontiniu, sehingga diharapkan pencegahannya dapat dilakukan sampai ke akar rumput.


Untuk itu kata Tunggul Sinaga, perlunya menggalakkan upaya menanggulangi narkoba secara terencana melalui pencegahan supaya tidak terkontaminasi, pemulihan atau rehabilitasi bagi korban, sekaligus penindakan kepada pengedar dan pembuatnya secara konsisten.


“Harapan kami, peserta yang hadir saat ini terketuk hatinya untuk bersama-sama melindungi dan mensterilkan lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, perkantoran, rumah ibadah, pasar, pelabuhan, tempat-tempat hiburan dan ruang publik dari Narkoba. Mari sama-sama kita wujudkan Samosir bersih dan bebas dari Narkoba”, sebutnya mengakhiri. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini