Program Bunga Desa, Bupati Samosir Berkantor di Desa Parbalohan dan Pardomuan

/

/ Kamis, 12 Oktober 2023 / 21.16 WIB

 

Samosir, PILAREMPAT.COM - Bupati Samosir Vandiko T. Gultom melanjutkan program Bunga Desa dan berkantor di Desa Parbalohan dan Pardomuan, Samosir, Rabu (12/10/2023).


Kegiatan itu dihadiri Staf Ahli Bupati, Kadis Kominfo, dan pimpinan OPD, Camat Simanindo, bersama Forkopicam Simanindo.


Kehadiran Bupati disambut hangat tokoh adat dan masyarakat bersama Camat Simanindo, Kades Pardomuan, Kades Parbalohan diiringi tor-tor kreasi dari anak-anak sekolah. “Apa yang menjadi harapan kami seperti yang disampaikan kepala desa dapat direalisasikan,” ucap Sulaiman Sinaga.


Bupati menekankan agar Kepala desa dan perangkat desa memahami tupoksi sehingga pelayanan kepada masyarakat berjalan baik. Kepala Desa dan BPD diharapkan untuk akur, bersinergi dengan baik, meninggalkan ego sektoral demi pelayanan kepada masyarakat.



“Saya senang bisa berjumpa dengan bapak ibu sekalian, dapat melihat secara langsung keadaan desa dan bertemu dengan masyarakat. Kehadiran saya melalui program Bunga Desa bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani masyarakat,” ujar Bupati


Sebelumnya, Kades Pardomuan, Lindung Situmorang menyampaikan usulan perbaikan saluran air dari Aek Natonang, tembok penahan sekolah SMPN 3, pembukaan jalan usaha tani.


Selain mendengarkan keluhan maupun kebutuhan dari Kepala Desa, Bupati juga berdialog dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan secara langsung apa yang menjadi kendala.


Selain itu, Bupati menyampaikan bahwa apa yang menjadi keluhan masyarakat telah dicatat dan akan dibahas sehingga nantinya dapat dimasukkan sebagai skala prioritas.

“Inilah gunanya Bunga Desa, bisa mendengarkan langsung keluhan dari masyarakat, melewati birokrasi yang panjang sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat langsung saya dengar. Apa yang bisa kami eksekusi langsung kami eksekusi,” katanya.


Bupati mengajak pelaku UMKM untuk mengurus surat ijin usaha guna memudahkan mendapatkan permodalan dari bank. Mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan pupuk organik. Disebutkan bahwa jatah pupuk kimia bersubsidi sangat terbatas, sebagai solusi Pemkab Samosir melakukan pelatihan kepada kelompok tani dalam pembuatan pupuk organik. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini