Pj. Sekda Samosir Rapat Penguatan Kerjasama Stakeholder dan Mitra Kerja untuk Penurunan Stunting

/

/ Jumat, 11 Agustus 2023 / 17.17 WIB


Samosir, PILAREMPAT.COM Pj. Sekda Pemkab Samosir, Dr. Naslindo Sirait, SE, MM  membuka pertemuan penguatan kerjasama dengan Stakeholder dan Mitra Kerja untuk Pelaksanaan Advokasi, Promosi, dan KIE Program KKBPK dalam Pencegahan dan Percepatan Penurunan Stunting di Samosir, yang digelar di JTS Hotel Parbaba, Pangururan, Kamis (10/8/2023).


Pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Provsu bekerjasama dengan Dinas P3AP2KB Pemkab Samosir, diikuti peserta sebanyak 55 orang terdiri dari OPD, Camat, TP. PKK, Tim Pendamping Keluarga, IBI, Ahli Gizi, TNI/Polri, Tokoh Agama


Ketua Panitia Pelaksana Ratna Banjarnahor, S.Sos, mengatakan, bahwa pertemuan adalah untuk melakukan advokasi, komunikasi informasi edukasi (KIE) seluas-luasnya kepada masyarakat dalam percepatan penurunan stunting, serta bersinergi antara pemerintah dengan sektor terkait dengan memfasilitasi, pendampingan dan pembinaan masyarakat untuk menyelenggarakan program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).


Pj. Sekda saat membuka rapat menyampaikan bahwa kegiatan ini, sangat penting guna penguatan kerjasama mengingat angka stunting di Samosir masih diangka 26,3 %, dan untuk mencapai target nasional ke angka 14% bukanlah perkara yang mudah. Namun, setidaknya bisa didorong ke angka 17 % tentu harus dengan kerjasama semua stakeholder terkait.


"Saat ini kita berbicara 20 sampai 30 tahun kedepan. Indonesia diprediksi menjadi negara maju tahun 2045, maka kitalah yang membuat pondasinya. Cita-cita itu akan gagal kalau anak-anak kita masih mengalami persoalan stunting dan lain sebagainya", sebutnya. 


Hari ini kita bicara stunting, bagaimana kebijakan dari pusat, Pemerintah Provinsi hingga Kabupaten tentunya harus konvergen artinya menuju kepada satu titik. Dan ini adalah pekerjaan semua stakeholder dengan multi program dan multi kegiatan dalam mengintervensi stunting. 


"Intervensi penurunan stunting ini harus dilakukan dengan kolaborasi pemerintah dengan peningkatan efektifitas dan efisiensi programnya, dipadukan dengan optimalisasi peran dan mobilisasi sumberdaya swasta, individu dan kelompok masyarakat," jelasnya. 


Selain Pj. Sekda Naslindo Sirait, sejumlah narasumber lainnya yang dihadirkan dalam pertemuan ini diantaranya Prof. Dr. Ir. Albiner  Siagian M.Si (Kabid Litbang PERGIZI-PANGAN Sumut), Kepala Dinas P3AP2KB Samosir dr. Friska Situmorang dan Bappeda Litbang Kabupaten Samosir. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini