Pemkab Samosir Bersama TNI dan Polri Gotongroyong Bersihkan Material Longsor di Desa Hariarapohan

/

/ Selasa, 09 Mei 2023 / 21.04 WIB

 



Samosir, PILAREMPAT.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas PUPR bersama TNI dan Polres gotong royong membersihkan material tanah longsor di Desa Hariarapohan Kecamatan Harian, Senin (8/6/2023).


Pembersihan material dipimpin langsung Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman untuk melakukan pembersihan material yang diikuti Pabung Kodim 0210/TU, Camat Harian, PJU Polres, staf Dinas PUTR Samosir.


“Bencana tanah longsor ini terjadi di dua titik di Desa Hariara Pohan Kecamatan Harian Samosir,” ungkap Kapolres.


Titik pertama yakni Jembatan Lombang Sitolu-tolu Holbung Sihotang menuju objek wisata Bukit Holbung dan Pintu masuk menuju objek wisata Bukit Holbung.


Yogie melanjutkan, proses pembersihan material longsor dilakukan dengan menggunakan 1 (satu) unit alat berat Buldoser milik Dinas PUTR dibantu personel Polres dan personel Koramil Harian yang menggunakan alat seadanya seperti cangkul, garpu tanah dan angkong.


“Selain di dua titik longsoran tanah yang besar, personel juga membersihkan longsoran tanah kecil disepanjang jalan Desa Hariara Pohan,” ujarnya.


Sementara itu, kendaraan roda empat yang bermuatan berhati-hati melintas dan khusus kepada kendaraan roda enam dan lebih agar tidak melewati lokasi itu, karena jalan di lokasi masih bertanahkan labil. Kita khawatirkan terjadi longsoran kembali,” imbaunya.


Sedangkan menurut keterangan pengelola objek Wisata Bukit Holbung Apoi Sihotang, longsor terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi dan disertai waktu yang cukup lama.


“Tanah longsor menutupi badan jalan dan mengakibatkan akses jalan menuju objek wisata Bukit Holbung tidak dapat dilalui kendaraan,” ucapnya (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini