' Kolaborasi '

/

/ Minggu, 21 Mei 2023 / 10.14 WIB

 

" Kolaborasi "

Istilah Kolaborasi semakin populer di kalangan masyarakat, mulai di kalangan orang awam hingga kaum intelektual. Istilah yang kita pikir masih baru tersebut, namun sebenarnya bukanlah hal yang asing dan anyar kita dengar.

Kolaborasi merupakan serapan kata dari Bahasa Inggeris yaitu Collaboration, yang secara sederhana dimaknai sebagai suatu pola kerjasama. Baik itu antar individu, dua orang, tiga orang hingga beberapa orang atau antar organisasi untuk menyelesaikan suatu karya maupun tugas dalam waktu dan tujuan yang telah disepakati.

Dalam prosesnya, Kolaborasi bisa saja mengalami hambatan dan tantangan. Sebagian besar kolaborasi memerlukan Leadership atau kepemimpinan, baik itu bersifat kepemimpinan dalam suatu kelompok sosial maupun bisnis.

Untuk mempercepat hasil dan manfaat dari suatu Kolaborasi diperlukan skill atau tingkat pengetahuan  dan pengalaman yang memadai namun tetap dalam persfektif yang segaris dalam suatu ‘Team Work’,  dan tentunya tanpa meninggalkan fungsinya masing-masing.

Konsep Kolaborasi tidak bisa terlepas dalam konteks Ilmu Komunikasi. Kolaborasi bisa terjadi dalam suatu Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Kelompok, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Publik, serta Komunikasi Politik.

Strategi, tujuan, dan cita-cita yang ingin dicapai dalam suatu kolaborasi akan sulit diwujudkan bila dalam prosesnya mengabaikan unsur-unsur Komunikasi, yaitu: komunikator, pesan, media,  komunikan, dan efek/respon. Sebab itu dalam prosesnya, selain Koordinasi, Komunikasi yang Efektif sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu Kolaborasi. (Muhammad Isya, S.Sos, M.I.Kom)

 


Komentar Anda

Berita Terkini