Hardiknas 2023, Wong Chun Sen : Kita Harus Bergerak Bersama Memajukan Pendidikan

/

/ Selasa, 02 Mei 2023 / 12.37 WIB

Medan,  PILAREMPAT.com --Setiap momen peringatan Hari Pendidikan Nasional, Anggota DPRD Medan dari Fraksi PDI Perjuangan Drs. Wong Chun Sen, M.PdB selalu mengenang masa kecil dan masa sekolah. Dimana pada momen Hari Pendidikan Nasional ini selalu ada banyak kegiatan di sekolah untuk berkompetisi sesama siswa dan antar kelas. 

Tahun ini, Kemdikbudristek menyampaikan bahwa tema Hardiknas 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.” Tema ini disesuaikan dengan kurikulum yang diusung saat ini, yaitu Kurikulum Merdeka. 

Menurut Wong Chun Sen saat ditemui di Medan, Selasa (2/5/2023), Kurikulum Merdeka yang sudah diterapkan di dunia pendidikan kita masih perlu sosialisasi yang lebih luas kepada semua elemen masyarakat.  

"Sesuai dengan tema yang diusung 'Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar', masyarakat harus diberi pemahaman apa sebenarnya keunggulan dari Kurikulum Merdeka ini, agar masyarakat tidak bertanya-tanya dan kesulitan dalam menyamakan persepsi untuk mendukung pola belajar anak di rumah," kata Wong Chun Sen.

Lebih lanjut Ketua DPD Gemabudhi Sumut ini menyampaikan bahwa esensi dari pendidikan adalah bukan hanya untuk mendapatkan gelar, atau naik kelas. Yang terpenting dari semua itu adalah bagaimana membentuk karakter anak menjadi insan yang bertanggungjawab, memiliki kemauan untuk maju, memiliki kemampuan dalam berkompetisi secara sehat dan mampu menguasai diri dengan pembekalan pembelajaran ilmu agama tentunya.

"Sebagai bahan perenungan bagi kita, aksi-aksi kejahatan dan perbuatan yang melawan hukum yang dilakukan anak-anak usia sekolah atau anak dibawah umur membuat kita miris. Siapa yang salah dalam hal ini? Mari kita jawab di dalam hati kita masing-masing," kata Wong Chun Sen.

Semoga dengan momen peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, lanjut Wong Chun Sen yang juga Ketua Permabuhi Sumut menjadi momen penting bagi kita dalam melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan evaluasi terhadap kepedulian kita dalam memajukan pendidikan serta esensinya bagi masa depan generasi penerus. [P4]

Komentar Anda

Berita Terkini