Dinas Ketapang dan Pertanian Kab Samosir, Gelar Bimtek Budidaya Tanaman Kedelai dan Semangka

/

/ Sabtu, 20 Mei 2023 / 22.49 WIB

 

Samosir, PILAREMPAT.COM - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menggelar Bimbingan Teknis Budidaya Tanaman Kedelai dan Semangka yang sekaligus Rembug Paripurna Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Samosir. Kegiatan bimtek ini dibuka Bupati Samosir diwakili oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom, di Aula Kantor Dinas Ketapang Pertanian, Sabtu (20/5/2023), Samosir.


Sebagai peserta yang diikuti oleh PPL dan 36 Kelompok Tani yakni Kelompok Pelaksana P2L dan Kelompok Pelaksana Kegiatan Kedelai, dengan menghadirkan narasumber diantaranya Sartono Amnas (Plt. Ketua KTNA Sumut) dan Frans Siahaan (Ketua PPPSI Provsu/Wakil Ketua KTNA Sumut).


Kepala Dinas (Kadis) Ketapang dan Pertanian Pemkab Samosir, Tumiur Gultom, menyampaikan Dinas Ketapang Pertanian akan terus menjalankan program-program di sektor pertanian untuk penguatan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani.


Kedepan, akan dibentuk kelembagaan ekonomi bagi petani untuk memudahkan pemerintah untuk memfasilitasi apa yang dibutuhkan oleh petani. Selain itu sebagai wadah untuk meningkatkan posisi tawar menawar petani dalam kegiatan ekonomi, sehingga dapat mengurangi kesenjangan serta kerugian yang dialami oleh petani, akibat tidak stabilnya harga pasar.


Selain menggelar Bimtek Budidaya Tanaman Kedelai dan Semangka juga digelar rembug paripurna luar biasa untuk memilih pengurus formateur KTNA Samosir yang baru. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini