Wabup Samosir Meresmikan dan Menobatkan Nama Pantai Indah Pasir Putih Onan Runggu

/

/ Minggu, 23 April 2023 / 18.28 WIB

 


Samosir, PILAREMPAT.COM - Wakil Bupati (Wabup) Samosir didampingi Asisten II, Kadis Pariwisata serta Camat dan Kades Onan Runggu meresmikan dan Menobatkan tempat wisata baru Pantai Indah Pasir Putih di Desa Onan Runggu Kec. Onan Runggu.


Peresmian dan Penobatan nama Pantai Indah Pasir Putih Onan Runggu ditandai dengan pemukulan Gong oleh Wabup Samosir dan dirangkai dengan event perlombaan sebagai launching pembukaan Pantai Indah Pasir Putih, Minggu (23/4/2023).


Wabup menyampaikan apresiasi dan kagum atas dibukanya tempat wisata Pantai Indah Pasir Putih dimana tempat wisata ini merupakan yang pertama yang ada di Samosir wilayah timur.


“Dengan adanya tempat wisata pantai indah pasir putih desa Onan Runggu ini diharapkan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Onan Runggu dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Onan Runggu dari bidang wisata”, ucapnya.


Disampaikan, Samosir belum mempunyai Grand Desain pemetaan potensi wisata sehingga berdampak pada minat investor yang kurang untuk Kabupaten Samosir. “Dengan adanya Grand Desain Kabupaten Samosir nantinya dapat dipetakan daerah mana yang cocok untuk pertanian dan pariwisata sehingga para investor bersedia berinvestasi untuk pengembangan pariwisata maupun pertanian di Kabupaten Samosir mengingat APBD Samosir yang sangat terbatas”, ujarnya lagi.


Lebih lanjut disampaikan masih banyak yang perlu dibenahi dalam pengembangan wisata pantai indah pasir putih Onan Runggu, dimana salah satunya kebersihan pantai dan lingkungan. “Dinas Pariwisata, PU, dan Lingkungan hidup harus bersama-sama membantu untuk pengembangan tempat wisata agar wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan senang sehingga wisatawan yang berkunjung bisa berlama-lama liburan di Samosir”, tuturnya.


Kepada Camat, Wabup meminta jika ada salah satu objek wisata yang bagus untuk di promosikan segera dilakukan pembenanahan, hal tersebut sebagai salah satu bentuk visi misi Bupati/Wakil Bupati Samosir yaitu pembangunan pada bidang pariwisata meskipun 82,5% penduduk Samosir bergantung pada sektor pertanian, namun hal itu dapat sejalan dengan sektor pariwisata dimana hasil pertanian diolah melalui produk UMKM sebagai oleh-oleh khas Samosir.


Sementara itu Kades Onan Runggu menyampaikan bahwa pembukaan pantai indah pasir putih bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pada sektor pariwisata yang diselaraskan dengan pasar rakyat Onan Runggu.


Disampaikan, bahwa progres pengembangan wisata pantai indah pasir putih bersumber dari Dana Desa dan sumbangsih para donatur dalam pelaksanaan perlombaan serta tidak terlepas dari bantuan dinas PUTR Kabupaten Samosir dalam penataanya, oleh karena itu Kades berharap Dinas Budpar dapat membantu untuk mempromosikan dan membuat event di pantai indah pasir putih desa Onan Runggu. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini