Strategi Tekan Inflasi Pangan saat Ramadhan dan Lebaran, KPw BI Sumut Dukung Pasar Murah

/

/ Selasa, 21 Maret 2023 / 20.34 WIB

 


Medan, PILAREMPAT.com
Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Doddy Zulverdi menyatakan, kenaikan harga komoditas pangan strategis menjelang bulan Ramadhan perlu mendapat perhatian.

Di mana perkembangan inflasi menunjukkan kecenderungan meningkat menjelang dan pada saat periode Ramadhan dan Idul Fitri. Komoditas pendorong inflasi pada periode tersebut bervariasi, namun pada umumnya didominasi oleh komoditas pangan khususnya komoditas cabai merah, cabai rawit, daging ayam ras dan bawang merah.

“Strategi pengendalian inflasi pangan di Sumatera Utara dengan cara mendukung pelaksanaan pasar murah di berbagai wilayah Sumatera Utara menjelang Bulan Ramadhan, serta penguatan peran Kerjasama Antar Daerah (KAD) intra regional. Di mana upaya KAD ini diharapkan dapat mengatasi adanya kesenjangan pasokan antar wilayah di Sumut, “ungkap Doddy Zulverdi saat menggelar Bincang Bareng Media (BBM) secara offline dan online dengan para awak media, Selasa (21/03/2023) sore.

Di kesempatan itu Doddy Zulverdi juga menjelaskan kalau BI berupaya dalam pemenuhan uang kartal.

“Bank Indonesia siap memenuhi kebutuhan uang kartal di Sumut selama periode Bulan Ramadhan dan idul fitri, “ tandas Doddy, seraya menambahkan KPw BI Sumut memastikan ketersediaan uang Rupiah layak edar pada periode Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2023 dengan estimasi kenaikan sekitar 49% (yoy) dibandingkan tahun lalu.

“BI Sumut membuka penukaran ULE melalui Bank Umum, BPR, Bank Kas Titipan dan mobil kas keliling. Layanan setoran dan penarikan bank setiap hari kerja mulai pukul 08.00-11.30 WIB), layanan penukaran melalui mobil kas keliling mulai tanggal 3-19 April 2023 dan diikuti oleh perbankan di Medan sedangkan lokasinya nanti akan diumumkan melalui IG Bank Indonesia (@bank_Indonesia_sumut) dan media komunikasi KPwBI Prov Sumut lainnya, pendaftaran melalui aplikasi PINTAR. Kemudian untuk layanan permintaan klarifikasi temuan uang palsu setiap hari Selasa dan Kamis mulai pukul 08.00-11.30 WIB, “ terang Doddy Zulverdi. (P4/sya)


Komentar Anda

Berita Terkini