IOM Tetap Memberikan Bantuan Kemanusiaan kepada Para Pengungsi Rohingya di Aceh

/

/ Jumat, 03 Maret 2023 / 23.25 WIB

 

Lhokseumawe, Pilarempat.com -- Menyusul kedatangan enam kapal dari November 2022 sampai dengan Februari 2023, IOM terus memberikan bantuan kemanusiaan kepada para pengungsi Rohingya di Aceh melalui kerja sama erat dengan pemerintah pusat dan daerah. 

Bantuan kemanusiaan IOM untuk pengungsi luar negeri di Aceh meliputi tempat tinggal, barang-barang non-makanan, perlindungan dan komunikasi risiko, kesehatan, kesehatan mental, dan dukungan psikososial. 

IOM dalam siaran persnya yang diterima Pilarempat.com , Jumat (3/3) malam melalui koordinator program Disaster Climate Resilience IOM ,Stefano Bresaola mengatakan  dalam koordinasi lanjutan dengan pemerintah , IOM baru-baru ini mengurangi perannya dalam penyediaan layanan air dan sanitasi karena keterbatasan dana untuk sektor ini. 

Sebagai bagian dari multi-pemangku kepentingan untuk bantuan kemanusiaan, IOM juga berkoordinasi dengan mitra-mitra lain untuk meningkatkan dukungan mereka pada sektor WASH guna memastikan bantuan yang sama dapat tetap dipertahankan. 


IOM tetap berkomitmen untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan dukungan berkelanjutan bagi pengungsi Rohingya dan memuji semangat kemanusiaan yang terus berlanjut dari masyarakat lokal di Aceh yang secara terus menerus memberikan dukungan mereka kepada para pengungsi luar negeri dan secara aktif mendukung upaya pemenuhan kebutuhan kemanusiaan.  


Dalam siaran persnya mengatakan IOM Indonesia saat ini membantu lebih dari 7.000 pengungsi di Indonesia dengan memberikan pelayanan dan bantuan yang komprehensif, termasuk akomodasi, perawatan kesehatan, dukungan kesehatan mental dan psikososial (MHPSS), pendidikan dan kebutuhan dasar.


IOM juga bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk melawan perdagangan orang, memperkuat perlindungan bagi pekerja migran, memperkuat ketahanan dan kesiapsiagaan terhadap bencana, serta mendukung sistem manajemen perbatasan yang terintegrasi. 


Bantuan kemanusiaan IOM untuk pengungsi Rohingya di Aceh didanai oleh European Civil Protection and Humanitarian Aid Operations (ECHO) dan Biro Kependudukan, Pengungsi, dan Migrasi (PRM) dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. (P.4/mzky).

Komentar Anda

Berita Terkini