Bupati Samosir Dekatkan Pelayanan dan Pembangunan pada Masyarakat Desa Paraduan

/

/ Senin, 13 Februari 2023 / 22.28 WIB

Samosir, PILAREMPAT.COM - Usai dari Desa Sabungan Nihuta Kecamatan Ronggur Nihuta, Bupati Samosir kembali berkantor di Desa Paraduan, Ronggur Nihuta, Senin (13/2/2023).

Pendekatan pelayanan kepada masyarakat di Desa Paraduan, dengan membawa Pelayanan gratis yang langsung menyentuh masyarakat antara lain pelayanan kesehatan gratis, imunisasi polio bagi anak berusia 0-59 bulan, Implan KB gratis, BPJS, administrasi kependudukan, sosialisasi pembuatan pupuk organik, pengurusan ijin berusaha.

Turut hadir, Anggota DPRD Samosir, Asisten II, Kadis Kominfo, Camat Ronggur Nihuta, dan pimpinan OPD.

Kehadiran Bupati bersama rombongan disambut hangat lembaga adat Desa Paraduan, masyarakat dan memberikan ulos sebagai ucapan syukur atas kehadiran Bupati.

“Horas amang/ inang, Saya senang bisa berkantor dan bertemu langsung dengan masyarakat. Saya berkantor ke desa untuk melayani masyarakat, bukan untuk dilayani. Bapak ibu tidak usah segan-segan silahkan digunakan/dimanfaatkan dengan baik” sapa Bupati

“Mohon kerjasama kita, Stunting bukan aib, tidak usah ditutup-tutupi, silahkan laporkan sehingga mendapat penanganan.Tahun depan harus bisa kita turunkan. Minta pendampingan kepada penyuluh dan kepada keluarga baru untuk memperhatikan asupan gizi anak selama dalam kandungan.” katanya.

Selain memberikan pelayanan gratis, Bupati Samosir membuka ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, keluhan/ kendala. Program Bunga Desa mendapat apresiasi dan pujian dari Masyarakat Desa Paraduan.

Mengingat sistim penganggaran pemerintah terstruktur, Bupati menghimbau agar apa yang diusulkan masyarakat diusulkan dalam musrembang desa sehingga dapat diprogramkan untuk tahun depan. Lebih lanjut disampaikan, akibat keterbatasan anggaran, kebijakan penanganan peningkatan infratruktur jalan dilakukan dengan pemanfaatan alat berat dan mengandalkan potensi sirtunisasi dari masing-masing desa.

“Tidak usah ragu menggunakan pupuk organik, sudah ada bukti, selain memelihara kesuburan tanah, dengan pupuk organik hasil pertanian juga bagus dan memuaskan” Ungkap Bupati Samosir.

Selain itu, Dinas Ketapang dan Pertanian menyediakan mesin pencacah dengan sistim pinjam kepada kelompok tani. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini