Tingkatkan Literasi Data, BPS Sumut Resmikan Pojok Statistik USU

/

/ Rabu, 25 Januari 2023 / 15.52 WIB
Medan,PILAREMPAT.com-Kepala Badan Pusat Statistik Wilayah Sumatera Utara, Nurul Hasanudin meresmikan Pojok Statistik, di Perpustakaan Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (25/1/2023).

“Pembentukan Pojok Statistik di  USU ini bertujuan meningkatkan literasi data statistik melalui penyelenggaraan layanan dan promosi yang optimal khususnya untuk segmen akademisi,” kata Nurul Hasanudin.

Menurut Nurul, mahasiswa merupakan segmentasi pengguna data terbesar yang melakukan transaksi konsultasi melalui portal Pelayanan Statistik Terpadu (PST).

Dengan meningkatkan literasi data statistik di kalangan akademisi, maka diharapkan kesadaran pemanfaatan statistik dalam penyusunan kebijakan akan menjadi kuat.

Disebutkan Nurul, mahasiswa merupakan calon-calon pemimpin dalam 10 tahun ke depan. Jadi dengan meningkatnya literasi data statistik, diharapkan pemanfaatan data statistik BPS akan ikut meningkat.

Demikian juga diharapkan kesadaran statistik di lingkungan akademisi juga akan meningkat sehingga memperkuat Sistem Statistik Nasional atau SSN,” paparnya.

Selain manfaat utama,  kata Nurul, aksi perubahan ini juga memberikan nilai manfaat bagi beberapa pihak, baik bagi internal BPS, maupun eksternal BPS.

Pojok Statistik ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara Badan Pusat Statistik dan Perguruan Tinggi dalam  meningkatkan penyebarluasan informasi statistik serta meningkatkan kemampuan penggunaan dan pemanfaatan hasil statistik khususnya di lingkungan akademisi.

Nurul juga menyebutkan beberapa terobosan yang telah dilakukan BPS Sumut dalam rangka promosi dan peningkatan literasi statistik khususnya untuk segmen milenial.

BPS Sumatera Utara saat ini, sebutnya memiliki official media sosial yaitu Instagram @bps_sumut, Facebook Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara, Youtube BPS Provinsi Sumatera Utara dan Podcast Pas Kali Bah.[P4/rel/sya]

Komentar Anda

Berita Terkini