RDP Dengan Komisi II DPRD Medan, Dikbud Medan akan Gelar 12 Kegiatan Keagamaan

/

/ Rabu, 18 Januari 2023 / 11.52 WIB

Wakil Ketua Komisi II DPRD Medan Surianto foto bersama Kepala Dinas Laksamana Putra Siregar dan jajarannya usai rapat dengar pendapat (RDP), Selasa (17/1) di DPRD Medan. (Foto :P4/ist)

Medan, PILAREMPAT.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Medan memiliki pagu anggaran tahun 2023 sebesar Rp 1.217.156.855.330 untuk program prioritas bidang pendidikan dan kebudayaan. Untuk bidang pendidikan ada 7 item program yang akan dilaksanakan , sedangkan bidang kebudayaan 3 item dengan  menggelar 12 kegiatan keagamaan .

Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Laksamana Putra Siregar pada rapat dengar pendapat (RDP) dinas ini dengan Komisi II DPRD Medan, Selasa (17/1/2023), RDP dipimpin Wakil Ketua Komisi Suriyanto dari Fraksi Gerindra.

Program-program Dinas Pendidikan selama tahun 2023 ini diantaranya, untuk mengembangkan kualitas pendidikan dalam hal IPTEK guna pemanfaatan kelas digital dan e-learning. Meningkatkan kompetensi dan pengembangan minat dan bakat para peserta didik (perlombaan antar pelajar provinsi, olimpiade sains, sister city cup II) dalam meningkatkan predikat terdepan tingkat provinsi dan nasional.

“Kemudian menghapus jumlah siswa putus sekolah melalui bantuan BSM, pakaian seragam dan perlengkapan sekolah negeri dan swasta. Dengan target pada daerah padat penduduk dengan jumlah 24.000 orang untuk sekolah dasar dan SMP,” terang pria yang akrab dipanggil Putra ini.

Dinas ini juga akan melakukan pemberian bantuan beasiswa pendidikan kepada masyarakat Kota Medan yang berprestasi pada bidang akademik dan non akademik sebanyak 100 orang. Sedang di bidang kebudayaan mempunyai tugas dan pokok membantu kepala dinas dalam melaksanakan tugas tersebut dengan prioritas kepada pengelolaan dan pembinaan cagar budaya dan permuseuman, pengelolaan dan pelestarian sejarah dan tradisi serta pengelolaan, pembinaan dan pelestarian kesenian.

Putra juga membacakan jadwal even bidang kebudayaan tahun anggaran 2023 yakni kegiatan Imlek pada  minggu ke 1 bulan Februari selama 2 hari. Even Taipusam Hindu minggu ke 1 bulan Februari selama 1 hari, Isra’Miraj minggu ke 3 Februari selama 1 hari, Pemazmuran (Katolik) minggu ke-2 Maret selama 2 hari, Ramadhan Fair minggu ke 4 bulan Maret selama 20 hari kerja berlokasi di Medan Labuhan dan Medan Kota.

Kegiatan hari besar keagamaan di bulan April adalah Paskah Oikoumene selama 1 hari, bulan Juni perayaan Waisak, Oktober Maulid Nabai Muhammad SAW dan Depavali, bulan September pesta kue bulan, bulan Desember Christmas Season selama 3 hari dan Natal Oikoumene selama 1 hari. [P4/sya]


Komentar Anda

Berita Terkini