IPSI Ditantang KONI Sumut Tunjukkan Berprestasi di PON 2024

/

/ Jumat, 06 Januari 2023 / 21.00 WIB

Medan, PILAREMPAT.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara menantang pencak silat untuk menunjukkan prestasi dalam ajang bergengsi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Sumut-Aceh.

Ketua Umum KONI Sumut, John Ismadi Lubis mengungkapkan hal tersebut dalam acara penutupan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumatera Utara, Jumat (6/1/2023).

Sumut menurut John Lubis akan menjadi tuan rumah PON 2024 bersama Aceh. Sebab itu, sebagai tuan rumah harus mampu menunjukkan prestasi membanggakan.   

“Sebab itu, dalam PON 2024, Pengprov IPSI Sumut harus bisa menunjukkan prestasinya,” ucap John Lubis. 

KONI Sumut menargetkan ranking 5 Besar, sebab itu ia memotivasi agar berbuat yang terbaik untuk menghadapi PON.

Raker IPSI Sumut merupakan langkah positif bagi organisasi, serta diharapkan bisa melahirkan pemikiran-pemikiran agar pencak silat menunjukkan prestasinya.

Dalam upaya untuk memenuhi targetnya, KONI Sumut menyatakan perlunya dukungan dan kerja sama dari Pengprov atau pengurus cabor yang ada, untuk menunjukkan prestasi dengan meraih medali emas.

John Lubis yakin Pengprov IPSI Sumut mampu menunjukkan prestasi, apalagi kepengurusan Pengprov IPSI Sumut, saat ini dipimpin mantan pesilat Indonesia, Hj. Dahliana yang  telah berulangkali menyumbangkan medali untuk Indonesia. 

“IPSI Sumut saat ini dipimpin mantan pesilat nasional, Hj Dahliana yang telah tiga kali menyumbangkan medali dalam kejuaraan dunia. Sebab itu, kita minta agar IPSI Sumut menyumbangkan medali emas dalam penyelenggaraan PON 2024,” ujar John Lubis.

Ketua Pengprov IPSI Sumut, Hj Dahliana menyebutkan Rakerda sengaja diadakan lebih awal dalam tahun 2023 ini, hal ini terkait dengan sudah semakin dekatnya pelaksanaan PON 2024. 

"Tahun-tahun sebelumnya, biasanya kita mengadakan Rakerda sekitar bulan Maret dan April. Tahun ini, Rakerda digelar lebih awal,sebab banyak program kerja yang perlu dibahas bersama pengurus IPSI kabupaten/kota,” ujarnya.

Hal-hal yang dianggap penting dibicarakan bersama adalah bagaimana agar persiapan atlet pencak silat Sumut yang kini sudah mengikuti Pelatda Berjalan, bisa berjalan maksimal.

Pengprov IPSI Sumut, juga segera membentuk panitia pertandingan yang akan bertugas di PON 2024. Hal ini sangat mendesak., sebab banyak peraturan-peraturan baru yang harus disosialisasikan, serta diketahui pengurus IPSI pada tingkat kabupaten/kota.

Ketua Panpel Rakerda IPSI Sumut, Drs. M Syahrir M.Ikom menyatakan rasa terimakasih kepada 17 utusan Pengkab/Pengkot yang telah hadir dan menjadi peserta Rakerda.

“Rakerda ini, merupakan amanah AD/ART dan tahun ini memang kita laksanakan lebih awal,” kata Drs M Syahrir M.Ikom.

"Mudah-mudahan Rakerda ini menghasilkan masukan positif dan program untuk menghadapi PON 2024,” kata Drs. M Syahrir M.Ikom yang juga merupakan Wakil Ketua Pengprov IPSI Sumut, dan Ketua DKP PWI Sumut.

Rakerda ini, sebelumnya dibuka Wakil Ketua Umum I KONI Sumut, Prof Agung Sunarno dan dihadiri Kabid Humas KONI Sumut yang juga Sekretaris PWI Sumut, SR Hamonangan Pangabean. 

Prof Agung menyebutkan cabor pencak silat pada PON 2024 akan memperebutkan 22 medali emas.

“Kita berharap pencak silat bisa nanti menunjukkan prestasi, bahkan jika bisa kita berharap atlet silat Sumut menyabet separuh dari 22 medali emas yang diperebutkan di PON 2024,” sebut  Prof Agung.

Pengprov IPSI Sumut tercatat sebagai Pengprov yang paling cepat dan pertama menggelar Rakerda pada tahun 2023. [P4/nan]

Komentar Anda

Berita Terkini