Bupati Samosir Resmikan Rumah Kompos, Bangsal Penangkar Bawang Merah

/

/ Selasa, 27 Desember 2022 / 22.58 WIB


Samosir,PILAREMPAT.COM - Bupati Samosir terus berupaya meningkatkan pertanian di Samosir untuk kesejahteraan masyarakat petani, hal ini terbukti telah meresmikan Rumah Kompos dan meninjau Bangsal penangkar bawang merah kelompok tani Siriaon serta memberikan bantuan Bibit Jagung P32 sebanyak 900 Kg dan paket natal berupa beras sebagai hasil sinergitas antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir dengan PT. Bio Energi Rimba sebanyak 170 karung isi 5 Kg di Desa Pardomuan, Onan Runggu.


Turut hadir Kadis Peternakan dan Pertanian, Kadis Kominfo, Camat Onan Runggu dan Kepala Desa, Selasa (27/12/2022).


Bupati mengatakan bahwa rumah kompos guna mendukung bangsal penangkar bibit bawang merah kelompok tani Siriaon, rumah kompos juga digunakan untuk mengolah serta menghasilkan kompos sebagai pupuk organik penangkar bibit bawang merah, sedangkan untuk pembangunan bangsal penangkar bawang merah untuk mengurangi ketergantungan bibit dari luar Samosir. Bangsal tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bibit bawang merah di Samosir, juga sebagai contoh pembibitan bagi kelompok lainnya.


Bupati nerharap rumah kompos dapat memenuhi kebutuhan pupuk pertanian, minimal di kelompok Tani Siriaon dan jika memungkinkan dapat memenuhi kebutuhan pupuk desa tetangga bahkan Kecamatan.


“Pupuk kompos sangat penting sebagai solusi untuk mengantipasi kelangkaan pupuk kimia yang sudah langka akibat adanya pengurangan penggunaan pupuk kimia oleh Pemerintah Pusat” ucap Bupati.


Beliau juga menegaskan agar bantuan bibit jagung segera ditanam dan dimanfaatkan dengan baik, jangan diperjualbelikan kepada orang lain.


Pemerintah akan tetap berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat, terutama bagi petani. Bantuan yang diberikan pemerintah jangan disia-siakan. “Pemerintah sudah membantu, maka bekerjalah dengan rajin, jangan malas”, pungkasnya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini