Bupati Samosir Bersama Anggota DPR RI Martin Manurung Resmikan Bangsal Tepung Kentang “Baniara”.

/

/ Jumat, 23 Desember 2022 / 13.14 WIB

 

Samosir,PILAREMPAT.COM - Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST bersama dengan Anggota DPR RI Martin Manurung, SE, MA melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya Bangsal Pasca Panen Hortikultura Tepung Kentang “Baniara”, di Desa Partungko Naginjang, Kecamatan Harian, Jumat (23/12/2022).


Bangsal Pasca Panen Hortikultura Tepung Kentang “Baniara” yang dikelola oleh KT. Tani Sukses Partungko Naginjang merupakan bantuan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Tahun 2022, berkat aspirasi dan pendampingan dari Anggota DPR RI yang juga Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung, SE, MA.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Samosir Magdalena Sitinjak, Ketua DPD Partai Nasdem Sahrochel M. Tamba, Kadis Ketapang dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom, Kadis Perhubungan Laspayer Sipayung, Camat Harian Hartopo Manik, PPL, Pengurus dan anggota KT. Tani Sukses, dan Tim Martin Manurung Center.


Kadis Ketapang dan Pertanian Dr. Tumiur Gultom dalam laporannya menyampaikan bangunan bangsal ini dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok tani, dengan Dana sebesar Rp. 164.723.000,-. Bangsal ini juga dilengkapi dengan mesin peralatan pengolahan yakni mesin penepung kentang, mesin pengiris multiguna, mesin continius sealer, mesin pengupas kentang, mesin pengering type rak dan motor roda tiga.


Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST dalam sambutannya mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat Samosir menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPR RI Martin Manurung, SE,MA yang memberikan perhatian luar biasa sehingga bantuan-bantuan dari pemerintah pusat datang ke Samosir berkat aspirasi dan pendampingannya.


Kepada KT. Tani Sukses sebagai penerima manfaat disampaikan agar memanfaatkan sebaik mungkin dan pengelolaannya diatur sedemikian rupa.


Dengan adanya bangsal, Bupati berharap perekonomian lokal semakin meningkat dengan hampir 99 % masyarakat Partungko Naginjang hidup dari pertanian hortikultura. Hasil panen kentang dapat diproduksi menjadi bahan baku dan bahan jadi, sehingga menambah nilai jual dipasaran.


Dinas Ketapang dan Pertanian dan Dinas Kopnakerindag diminta agar tetap melakukan pendampingan kepada kelompok, termasuk dalam pengemasan dan pemberian hak paten atas produk-produk yang dihasilkan nantinya.


Anggota DPR RI yang juga Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung, SE, MA menyampaikan rasa senangnya bisa hadir pada kesempatan ini.


“Saya merasa senang bisa hadir di Desa Partungko Naginjang ini. Yang saya dengar, desa ini adalah penghasil tanaman hortikultura, khususnya Kentang. Maka, bangsal ini sangat membantu para perekonomian petani kentang melalui pengolahan untuk menambah nilai jual”, ujarnya.


Dirinya mengaku, bahwa bantuan ini merupakan bentuk sinergitas yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.


“Saya juga mengapresiasi Bupati Samosir yang cekatan dalam mengajukan berbagai permohonan proposal untuk kita giring di pemerintah pusat, sehingga bantuan-bantuan pertanian dapat turun ke Samosir”, tandasnya.


“Harapan kami, bangsal ini dimanfaatkan secara optimal. Sehingga dari sini akan muncul produk-produk UMKM seperti sambal kentang, tepung kentang, keripik kentang dan produk olahan kentang lainnya”.


 “Kalau ini berhasil, maka kami yakin ini bisa jadi contoh dan modal kita untuk mengajukan bantuan lainnya ke pemerintah pusat”, ujar Martin Manurung. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini