Kadis Pendidikan Serahkan Piala Bergilir Ke SMP Budimulia Pangururan Lomba Mata Pelajaran Tingkat SMP SE-Kabupaten Samosir

/

/ Minggu, 06 November 2022 / 21.35 WIB

Samosir, PILAREMPAT.COM - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Melaksanakan Lomba Mata Pelajaran Tingkat SMP SE-Kabupaten Samosir, Sabtu 05 November 2022 di Halaman SMPN 1 Kecamatan Pangururan


Tema: Bergerak Bersama Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Kabupaten Samosir


Sub Tema: Melalui Kegiatan Lomba Mata Pelajaran, Kita Tingkatkan Motivasi Berprestasi, Berdaya Saing dan Berkarakter Profil Pelajar Pancasila.


Kegiatan Pelaksanaan perlombaan Pelajaran untuk tingkat SMP Se-kabupaten Samosir, Sabtu (6/11/2022) langsung di buka Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir Jhonson Gultom dan dihadiri Ketua MKKS SMP Teksin Simbolon, Ketua Panitia Kepala SMPN 1 Kecamatan Pangururan Mujur Nadeak beserta jajaran Kepanitiaan,Para Kepala SMP Se-kabupaten Samosi, Guru Pendamping serta komponennya,Para peserta berjumlah 310 orang dari 31 SMP Se- Kabupaten Samosir


Lomba Mata Pelajaran ini diprakarsai oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP yang ada di Samosir. Kegiatan dilaksanakan guna mendukung Gramedia dan Erlangga, serta Talenta sebagai penyedia soal maupun pemeriksa soal ujian.


 


Untuk mata pelajaran yang di perlombakan ada 5 mata pelajaran antara lain : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matimatika, IPA Terpadu dan IPS Terpadu.


Sementara Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir Jhonson Gultom mengatakan, bahwa tujuan dari lomba adalah untuk memotivasi para anak didik tingkat SMP di Samosir, serta guna memberikan dan melihat sampai dimana anak – anak didik setelah melewati covid 19, dan sejauh mana mereka mengembalikan mutu pendidikan di Samosir, yang merupakan salah satu teknik dan metode direncanakan, oleh Ketua MKKS serta para Kepala Sekolah, mengukur dari pada ilmu yang dimiliki anak – anak didik SMP Samosir.


Selanjutnya Setelah Pelaksanaan Kegiatan tersebut, Kepala SMPN 2 Harian Eybarda Simbolon Selaku panitia Kegiatan Mengumumkan Para Siswa /Siswi yang meraih juara 1 sampai juara harapan 3 per Mata pelajaran yang sekaligus Penyerahan Piala serta Uang Pembinaan bagi para Pemenang Lomba dan Sebagai Juara Umum yang merebut Piala Bergilir diraih SMP Budimulia Pangururan, yang sebelumnya piala bergilir tersebut diraih SMPN 1 Simanindo.


Kepala SMP Budimulia Pangururan Mengaku bangga atas pencapaian para siswanya dalam lomba ter­sebut. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua panitia yang bekerja keras untuk mensukseskan tersebut dan ber­harap sekolah yang dipimpinnya bisa mempertahankan juara umum tahun depan, ujarnya.


Ketua Panitia Mujur Nadeak Mengutarakan bahwa lomba ini direncanakan akan bergulir setiap tahun dengan melibatkan seluruh siswa di 34 SMP yang ada di Kabupaten Samosir.


“Akan digulirkan setiap tahun untuk menggairahkan kembali semangat para siswa dalam belajar,” yang bertujuan untuk memotivasi para Kepala Sekolah demi peningkatan manajemen mutu seko­lah, begitu juga dengan para guru agar me­­nyelenggarakan proses pembelajaran dengan baik, dan siswa – siswi dapat me­ning­katkan prestasinya serta pemangku kepentingan bersinergi dengan baik, ujarnya.


Sementara itu Sekretaris Panitia Lomba yakni Kepala SMPN 4 Simanindo Ario Pasaribu juga Menambahkan bahwa Program Lomba Mata Pelajaran Ini yang diikuti oleh 310 peserta kelas VII dan VIII, dari 34 SMP Negeri/Swasta di Kabupaten Samosir, memperlombakan lima mata pelajaran, yakni :

1. Bahasa Indonesia,

2. Bahasa Inggris,

3. Matematika,

4. IPA, dan

5. IPS.

Lomba ini akan mengukur keberhasilan para pihak,


Pertama, Kepala sekolah : dengan program di sekolah sesuai visi dan misi yang ditetapkan bersama dengan warga sekolah yaitu berprestasi, baik secara akademis maupun non akademis.


Kedua, Guru : seberapa jauh strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan telah membuat para peserta didik dapat menguasai standar isi dan kompetensi lulusan dalam ukuran kuantitatif dan kualitatif.


Ketiga, Siswa : seberapa jauh penguasaan materi yang dibelajarkan dalam kelas dengan rentang waktu yang telah ditetapkan, diukur dalam bentuk soal-soal valid dan reliabel dengan keterampilan pengerjaan soal,dengan lomba ini akan terukur seluruh keberhasilan dari para pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung, dengan indikator pencapaian yang telah ditetapkan, katanya.


Jhonson Gultom Menambahkan dalam penutupan lomba berharap, para siswa tetap bersemangat untuk belajar dan memacu diri untuk serius menggapai cita-cita. Ia juga meminta kepada siswa yang berprestasi dalam lomba Tahun 2022 tetap meningkatkan prestasinya, serta bagi yang belum beprestasi harus meningkatkan kwalitas belajarnya.


Jhonson Gultom Selaku Pimpinan Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir memberikan arahan dan motivasi terhadap anak didik tingkat SMP se Kabupaten Samosir, agar lebih giat belajar dan memberikan dorongan semangat untuk berlomba dalam mengejar ilmu disekolah masing-masing.


“Anak-anak agar giat belajar, semangat dan tetap berupaya mengejar ilmu sehingga tercapai apa yang kalian inginkan dalam perlombaan ini, saya harap agar para guru juga lebih serius dan memberi perhatian terhadap kemajuan pendidikan di sekolah nya masing-masing,Jhonson Gultom juga berjanji akan berupaya kedepan untuk mengadakan perlombaan ditingkat SMP dengan agenda perebutan Piala Bupati Samosir, dengan tujuan agar perlombaan ini kedepan hendaknya dapat dipertandingkan ditingkat Provinsi Sumatera Utara maupun tingkat Nasional, ujarnya. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini