Bupati Samosir Panen Penangkar Bawang Merah

/

/ Rabu, 23 November 2022 / 21.26 WIB

Samosir, PILAREMPAT.COM  Bupati Samosir, melaksanakan panen bersama kelompok tani Siriaon Desa Pardomuan, Onan Runggu, di SamosirRabu (23/11/2022).


Pencabutan bawang merah varietas batu ijo sebagai pertanda panen dilakukan Bupati Samosir bersama kelompok Tani Siriaon didampingi Kadis Ketapang dan Pertanian, Kadis Kominfo. Panen tersebut merupakan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Ketapang dan Pertanian melalui kegiatan penumbuhan penangkar bawang merah APBD tahun 2022.


Pemkab Samosir memberikan bantuan berupa bibit penangkar bawang merah. Dengan bibit tersebut kelompok tani Siriaon menghasilkan panen 28,35 ton/ha.


Bupati Samosir, berharap, hasil panen tersebut dapat digunakan untuk penangkar/bibit, tidak untuk dikonsumsi. “Saya harap hasil panen ini dapat digunakan untuk pemenuhan bibit di Kecamatan Onan Runggu. Semoga hasil panen dapat mensejahterakan petani, dan petani tidak lagi tergantung dari luar dan petani bisa jadi penangkar bibit untuk Samosir” ucapnya.


Selain di Kecamatan Onan Runggu, Bupati menginginkan pendirian bangsal di Kecamatan lain, sehingga pembunuhan bibit bawang merah di Samosir dapat dilakukan secara merata.


Bupati optimis, dengan adanya bangsal penangkar bawang merah di Desa Pardomuan akan dapat memenuhi kebutuhan bibit di Samosir khususnya di Kecamatan Onan Runggu.

Lebih lanjut, Bupati menegaskan agar petani menggunakan pupuk organik. Hal ini disampaikan untuk mengatasi kelangkaan pupuk kimia. “Kebutuhan pupuk kimia sesuai RDKK yang diajukan kelompok tani tidak sepenuhnya tercapai. Hanya sekitar 40 persen saja. Sehingga kita harus beralih menggunakan pupuk organik” terangnya


Dalam mengatasi kelangkaan pupuk kimia ini, sebagai solusi Pemkab Samosir menggiatkan pembuatan pupuk organik, melalui pelatihan kepada kelompok tani. Untuk itu, Vandiko menegaskan agar penyuluh turun langsung ke masyarakat memberikan pelatihan pembuatan pupuk organik. “Mari beralih menggunakan pupuk organik cair dan padat.” ajak Bupati.


Pemkab Samosir tetap membantu petani dalam pemenuhan pupuk gratis melalui pembuatan pupuk organik. Dengan keterbatasan anggaran, Bupati Samosir mengingatkan agar Kepala Desa dapat memfasilitasi dan membantu kelompok tani dalam pengadaan mesin pencacah pembuatan pupuk organik.


Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom menyampaikan, selain bibit bawang merah varietas batu ijo, juga diberikan bantuan pupuk organik 2,5 ton dan pembangunan bangsal untuk penangkar bawang merah dengan ukuran 8×10 m yang bersumber dari APBD Samosir tahun 2022 untuk kelompok tani Siriaon di Kecamatan Onan Runggu. Hasil panen penangkaran 28,35 ton akan dapat menyuplai bibit dan menambah kesejahteraan petani di Samosir. Kedepan, diharapkan kelompok tani Siriaon untuk tetap mengembangkan penumbuhan penangkar bibit bawang merah tersebut.


N.Riko Manurung, salah satu anggota kelompok tani Siriaon mengaku bangga dan puas dengan hasil panen tersebut.


“Kami mengucapkan Terima kasih atas perhatian dan bantuan Bupati Samosir. Sehingga kami bisa panen dengan hasil memuaskan,” sebut Riko dengan harapan kedepan kelompoknya tetap mendapat bantuan dan pembinaan. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini