Disbudpar Samosir Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

/

/ Selasa, 20 September 2022 / 14.29 WIB


Samosir,PILAREMPAT.COM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Samosir menggelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata diikuti 40 orang peserta dari 16 Desa Wisata di Samosir. Acara yang digelar di Hotel Prima Pantai Indah Situngkir, Pangururan berlangsung selama 3 (tiga) hari, 19 sampai 21 September 2022.


Sebagai narasumber diantaranya Andi Eka Saputra dari Dusun Kreatif Indonesia, Dr. Marciella Elyanta, S.STP.Par, MM dari Politeknik Pariwisata Medan.


Acara dibuka oleh Kadis Budpar Tetty Naibaho, Senin (17/9/2022), menyampaikan bahwa, tren wisata telah berubah. Kunjungan wisata ke Desa Wisata menjadi primadona, karena menawarkan sebuah pengalaman baru bagi wisatawan, bagaimana kehidupan masyarakat lokal, baik budaya maupun keseharian berbasis kearifan lokal.


Hal ini merupakan potensi yang wajib untuk di kembangkan guna peningkatan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pariwisata yang berkelanjutan di Samosir.


Sambungnya, hendaknya momentum pelatihan ini menjadi sebuah kesempatan menimba ilmu dari Narasumber yang sudah handal dibidangnya seperti Andi Eka Putra yang sudah tidak asing lagi di dunia pariwisata Indonesia juga merupakan Founder dari Dusun Kreatif Indonesia.


Pada hari kedua, Selasa (20/9), para peserta mengikuti praktek lapangan di Objek Wisata Togaraja, Desa Wisata Partungko Naginjang, Kecamatan Harian. Di lokasi ini, setiap peserta diberi pembekalan mengenai pengelolaan desa wisata yang lebih baik dari sebelumnya, dengan berkreasi dan inovasi dengan ide-ide yang menarik kemudian dikemas dalam bentuk paket wisata yang dijual bagi wisatawan. Para peserta juga diberi kesempatan untu memaparkan materi tentang dusun kreatif.


Sementara Kadis Budpar Tetty Naibaho, menyampaikan setelah pelatihan ini nantinya, masing-masing Desa Wisata akan mengelola dan menyusun paket wisata di setiap desanya, dengan menggali serta optimalisasi pemanfaatan potensi-potensi yang ada di sekitar desa wisata. (P4/MT)

Komentar Anda

Berita Terkini