Penyaluran Dana FLPP Langsung 'Tancap Gas' di Aawal Tahun 2022

/

/ Jumat, 04 Maret 2022 / 14.58 WIB

 

JAKARTA | PILAREMPAT.COM--Geliat penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembisyaan Perumahan (FLPP) semakin menjanjikan. Terlihat dari data base BP. Tapera, per 2 Maret 2022 penyaluran dana FLPP telah mencapai 20.327 unit senilai Rp 2.24 Triliun dengan penyaluran melalui 18 bank, 3.306 pengembang dan 4.361 perumahan di Indonesia. Selain itu, juga masih terdapat data tunggu yang masih belum dibayarkan sebanyak 5.129 Unit senilai Rp 572,43 Miliar. 

Sebanyak 18 bank penyalur 2022 yang telah menyalurkan dana FLPP dalam periode yang sama adalah BTN, BTN Syariah, BNI, BJB, Bank Sumsel, Bank Jambi, Bank Nagari, Bank Riau Kepri Syariah, Bank Sumut Syariah, Bank Kalbar, Bank Nagari Syariah, Bank Sumsel, Bank Aceh, Bank Kaltim, Bank Sulteng, Bank Kalbar Syariah, Bank DKI dan Bank Jambi Syariah. 

Pencapaian penyaluran dana FLPP pada Pebruari 2022 ini memperlihatkan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan penyaluran dana FLPP pada bulan yang sama tahun sebelumnya. Tahun 2021 penyaluran dana FLPP juga dimulai pada bulan pebruari sebanyak 650 unit senilai Rp 69,79 Miliar. Sedangkan pada Pebruari 2022, penyaluran dana FLPP ditutup pada 25/2 lalu sebanyak 13.345 unit senilai Rp 1.47 Triliun. 

"Penyaluran dana FLPP bulan Pebruari tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya terjadi peningkatan hingga 20,5 kali lipat. Ini memperlihatkan optimistisme yang tinggi dari pelaku pembangunan perumahan" Ujar komisioner BP. Tapera Adi Setianto. 

Optimisme ini di harapkan Adi Setianto terus berlanjut hingga target penyaluran dana FLPP tahun 2022 bisa tercapai. Rencananya, minggu kedua Maret ini BP. Tapera selalu operator investasi pemerintah (OIP) akan melakukan penandatanganan perjanjian kontrak kinerja dengan kementerian keuangan melalui direktorat jenderal perbendaharaan. Kontrak kinerja menyangkut masalah layanan prima, akuntabilitas pengelolaan dana FLPP serta pengelolaan kinerja keuangan yang efektif, efisien dan akuntabel. 

Adi Setianto menyadari pemerintah telah berupaya sepenuhnya untuk terus membuat pasar perumahan di Indonesia terus berkembang dengan baik. Ini terlihat dari perpanjangan insentif pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN-DTP). PPN-DPP properti ini diperpanjang selama 9 bulan sepanjang tahun 2022. Kelanjutan insentif PPN-DTP properti ini tertuang dalam PMK no 6/PMK.0110/2022 tentang pajak pertambahan nilai atas penyerahan rumah tapak dan rumah susun yang ditanggung pemerintah tahun anggaran 2022 yang ditetapkan pada 22 Pebruari 2022 lalu. Dan untuk proses tersebut, aplikasi sikumbang terus dikembangkan oleh BP. Tapera masih menjadi andalan yang digunakan oleh pemerintah untuk mendatanya. 

Selain itu Adi Setianto juga melihat pemerintah terus berupaya memudahkan urusan perizinan disektor properti. Salah satunya dengan penerbitan keputusan bersama menteri dalam negeri, menteri keuangan, menteri PUPR dan menteri investasi/kepala Badan kordinasi penanaman modal yang tertuang dalam surat edaran bersama tentang percepatan pelaksanaan retribusi persetujuan bangunan gedung pada tanggal 25  Pebruari yang lalu. 

Dalam surat edaran itu, pemerintah daerah yang telah menerbitkan peraturan daerah (Perda) tentang retribusi PBG wajib menggunakan perhitungan retribusi itu dalam sistem informasi manajemen bangunan gedung (SIMBG). Adapun pemerintah kabupaten/kota yang belum memiliki perda tentang retribusi PBG untuk sementara dapat memakai penghitungan retribusi IMB kedalam SIMBG. 

"Kebijakan yang di keluarkan ini menjadi jalan keluar untuk menghilangkan hambatan perijinan bagi pelaku pembangunan. Tentunya hal ini berdampak positif terhadap pembangunan rumah subsidi di Indonesia. Diharapkan pembangunan perumahan subsidi yang tadinya sempat terkendala bisa jalan kembali dengan tetap memperhatikan kualitas bangunan dan ketepatan sasaran" Ujar Adi Setianto menambahkan. (P4/Zulkhairi)

Komentar Anda

Berita Terkini