BI : Sampai Akhir Februari 2022, Cadangan Devisa Meningkat

/

/ Rabu, 09 Maret 2022 / 01.54 WIB

 

JAKARTA | PILAREMPAT.COM--Bank Indonesia (BI) menegaskan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Februari 2022 tercatat sebesar 141,4 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Januari 2022 sebesar 141,3 miliar dolar AS.

“Peningkatan posisi cadangan devisa pada Februari 2022 antara lain dipengaruhi oleh penarikan pinjaman luar negeri Pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa, “tulis Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono seperti yang dilansir dari situs bi.go.id, Selasa (08/03/2022).

Dalam siaran persnya itu, Erwin Haryono juga menuliskan kalau posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,5 bulan impor atau 7,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal, serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Ke depan tulisnya lagi, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi. [P4/sya/rel]

 

Komentar Anda

Berita Terkini