“Jurnalis”

/

/ Selasa, 01 Februari 2022 / 11.21 WIB

 

“ Jurnalis "





“Jurnalis, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai orang yang pekerjaannya mengumpulkan dan menulis suatu berita/pemberitaan, baik di media massa cetak, elektronik maupun media online/siber. Jurnalis merupakan pengembangan kata dari kata Jurnal yang berarti laporan atau catatan

Ditinjau pada bidang akademik maka Jurnal bisa dimaknai sebagai sebuah karya tulis ilmiah. Jurnalis sering kali diindentikkan sebagai Wartawan atau Reporter. Akhmad Supriyatna, dkk, dalam buku ‘Mengembangkan Jurnalistik Sekolah (2021)’, menjelaskan bahwa Jurnalis adalah orang yang melakukan kegiatan jurnalistik secara teratur.

Kegiatan jurnalistik yang dimaksudkan adalah proses pencarian, pengumpulan, peliputan, dan penulisan berita untuk disebarluaskan melalui media massa. Meski maknanya tidak berbeda, yaitu orang yang sama-sama profesi pekerjaannya mencari/mengumpulkan dan menulis berita. Namun sebutan nama untuk ketiganya (Jurnalis/Wartawan/Reporter) bisa jadi berbeda disebabkan hak privacy dan kebijakan masing-masing media tempat si Jurnalis/Wartawan/Reporter itu bekerja. 

Dalam konteks Studi Ilmu Komunikasi, Jurnalis merupakan bagian dari Ilmu Jurnalistik. Dimana Jurnalis sebagai subjeknya sedangkan Jurnalistik sebagai objeknya, yaitu suatu produk karya seni berupa pencatatan peristiwa penting dalam kehidupan sehari-hari. Melansir KBBI, Jurnalistik adalah segala sesuatu tentang kewartawanan dan persuratkabaran, atau terkait langsung dengan Wartawan,Jurnalis,Reporter dan perusahaan medianya."(Muhammad Isya, S.Sos, M.I.Kom).





Komentar Anda

Berita Terkini