Pemkab Samosir, Lakukan Penilaian Desa Sigaol Simbolon Menuju Desa Wisata

/

/ Jumat, 28 Januari 2022 / 09.30 WIB

 

SAMOSIR-PILAREMPAT.COM | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melakukan penilaian terhadap Desa Sigaol Simbolon menuju desa wisata.

Untuk itu masyarakat melaksanakan rapat koordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Parawisata sebagai tim Penilai Penetapan juga Penunjukan Menjadi Desa Wisata.

Rapat dilaksanakan di kantor Desa Sigaol Simbolon di Huta Godang Dusun II Kecamatan Palipi Samosir yang di pimpjn

oleh Kepala Desa (Kades) Tohom Simbolon. Sedangkan dari Dinas Kebudayaan dan Parawisata diwakili Kabid Jontiner Sinabariba didampingi staf Parasian Sinaga, Nirmawaty Sihaloho.

Selain itu, hadir perangkat desa bersama masyarakat desa Sigaol Simbolon yang memiliki lahan untuk di kembangkan menjadi objek wisata.

Kades dalam sambutan yang sekaligus membuka rapat menyampaikan ucapan syukur serta terima kasih atas kehadiran dari Dinas Kebudayaan dan Parawisata. Dalam rangka melaksanakan peninjauan dan penilaian atas kesiapan desa kami menjadi Desa Wisata.

Desa Sigaol Simbolon bersama masyarakat sudah sejak lama memohonkan kepada Pemkab Samosir, agar melakukan peninjauan potensi desa guna dijadikan desa wisata.

Ada beberap potensi seperti lahan subur milik masyarakat kami sekitar 200 hektar saat ini akan dibuat menjadi perkebunan nanas dan buah-buahan.

Setidaknya sudah ada 30 hektar yang sudah ditanami nanas dan sudah rutin dipanen.

Desa kami juga sudah sejak lama dikenal hasil persawahannya dengan Emeni Simbolon yang sangat terkenal, bahkan sampai dibuat menjadi sebuah lagu. Disis lain juga di kenal sebagai tempat permandian air hangat sangat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti : kulit, pegal pegal, filek dan lainnya.

Kemudian ada Pantai untuk di kembangkan sebagai objek wisata yang luar biasa. Ada juga Pokdarwis dan BUMDes.

Selanjutnya mewakili Kadis Kebudayaan dan Parawisata Samosir Jontiner Sinaga melalui paparan menyampaikan beberapa kriteria yang harus dimiliki desa agar bisa dijadikan menjadi desa wisata, seperti : Daya tarik alam yang baik, Budaya dan Adat istiadat yang kuat, adanya Sejarah serta tempat sejarah, alamnya subur, namun tidak kalah pentingnya adalah kesiapan masyarakat.

Dan untuk menuju menjadi desa wisata maka hendaknya tersedia seperti : Fasilitas umum toilet yang layak (bersih dan nyaman), Rumah Makan, Home Stay, Okomodasi .

Mewakili masyarakat Goksan Simbolon yang juga Ketua BPD dan pemilik Rumah Makan yang sudah sangat terkenal, karena sudah sangat sering diunggah kemedia sosial oleh para pengunjungnya.

Dan sangat luar biasa bahwa beliau adalah pemilik kebun nanas yang sudah sangat terkenal. (P4/MT

Komentar Anda

Berita Terkini