OJK Dorong Pemulihan dan Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumatera Utara

/

/ Kamis, 16 Desember 2021 / 07.10 WIB

 

P.SIANTAR--PILAREMPAT.COM Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memperkuat relasi dengan media pers dan menyampaikan market update sektor jasa keuangan di Sumatera Utara melalui kegiatan Media Gathering yang dihadiri perwakilan media pers di Kota Medan.

Acara tersebut mengambil tema “Penguatan Sektor Pariwisata di Sumatera Utara” dengan menghadirkan perwakilan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, industri perbankan, dan praktisi di bidang media dan jurnalistik, yaitu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Dedi Arian Rizki Siregar, dan Ayatna Anang Widodo selaku Regional SME Head BRI Regional Office Medan, dan Eka Dalanta Rehulina, Praktisi di Bidang Media & Jurnalistik, di P.Siantar, Rabu (15/12/2021).

Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Yusup Ansori diwakilkan oleh Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK, Untung Santoso dalam sambutannya menyampaikan bahwa stabilitas sistem keuangan Sumatera Utara per Oktober 2021 secara umum terjaga dengan baik sehingga dapat terus berperan dalam mendorong pemulihan ekonomi Sumatera Utara, terlihat dari kinerja penyaluran kredit perbankan yang sudah menunjukkan pertumbuhan positif, peningkatan penyaluran pembiayaan pada lembaga pembiayaan non bank, profil risiko kredit yang terjaga dengan baik, pemulihan sektor asuransi, dan aktivitas pasar modal yang terus berkembang dengan pesat.

Untung Santoso menyampaikan bahwa per Oktober 2021, sektor perbankan di Sumut yang terdiri dari 2 bank berkantor pusat, 55 bank berkantor cabang, dan 54 BPR/BPRS melanjutkan pertumbuhan positif double digit dari sisi aset sebesar 10,33% yoy menjadi Rp316,34 triliun dan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 10,77% yoy menjadi Rp292,54 triliun.

Trend Penyaluran Kredit Meningkat

Penyaluran kredit yang tercatat sebesar Rp220,43 triliun juga sudah mulai memperlihatkan trend peningkatan, dengan pertumbuhan positif  0,34% yoy (year on year). Pertumbuhan kredit tersebut didorong oleh kredit sektor UMKM yang tercapai sebesar Rp61,47 triliun atau 28,08% dari total kredit dengan pertumbuhan yang relatif baik sebesar 5,22% yoy. Porsi ini meningkat dibandingkan dengan posisi Oktober 2020 sebesar 26,76%.

“OJK optimis pemberian kredit perbankan pada sektor UMKM yang ditargetkan oleh Presiden RI pada tahun 2024 sebesar 30 persen akan dapat tercapai dan terlampaui di wilayah Sumatera Utara,” ujar Untung Santoso.

Di saat kredit dapat didorong untuk bertumbuh, profil risiko perbankan juga tetap dapat dijaga dengan baik, tercermin dari rasio NPL gross yang dapat turun hingga di bawah 3%, yaitu sebesar 2,73%.

Penurunan tersebut seiring dengan semakin melandainya restrukturisasi kredit COVID-19 di Sumatera Utara yang terealisasi sebesar Rp25,45 triliun per Oktober 2021, menurun dibanding per Desember 2020 sebesar Rp26,73 triliun.

“Penurunan ini sejalan dengan upaya OJK dalam pemulihan ekonomi dan agar perbankan konsisten membentuk cadangan. Tujuannya agar perbankan bisa menggunakan cadangan tersebut sebagai penyangga untuk menekan kredit bermasalah (NPL), khususnya nasabah restrukturisasi kredit akibat Covid-19. Sehingga pada saat program stimulus restrukturisasi telah mencapai tahap penyelesaian, bank tetap dalam kondisi yang sehat dan stabil,” kata Untung.

Untung Santoso mengungkapkan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu ujung tombak perekonomian nasional, khususnya Sumatera Utara dengan beragamnya objek wisata yang dimiliki.

Namun di masa pandemi, banyak pelaku usaha pariwisata kesulitan untuk menghidupkan kembali lini usaha lantaran minimnya modal usaha dan tingginya beban perusahaan selama beberapa saat tidak beroperasi.

“Menghadapi hal tersebut, OJK mendorong pengembangan sektor pariwisata seperti Horeca (Hotel, Restoran, Café) menjadi salah satu prioritas pemulihan, terutama di daerah yang memiliki banyak objek wisata. Di awal pandemi yang lalu, OJK juga telah mengeluarkan kebijakan stimulus dan senantiasa berkomunikasi dengan perbankan untuk mendorong penyaluran kredit pada pelaku usaha pariwisata” ujar Untung Santoso.

OJK didukung oleh Perbankan dan Pemerintah Daerah menyelenggarakan pula Festival UMKM Toba Vaganza dengan tema “UMKM Bangkit, Ekonomi Tumbuh” di Kabupaten Simalungun pada tanggal 12 s.d. 14 November 2021 dilanjutkan di Atrium Centre Point Mall, Medan pada tanggal 15 s.d. 21 November 2021.

Kegiatan ini antara lain meliputi pameran, pelatihan, sosialisasi, dan business matching UMKM yang melibatkan 80 pelaku UMKM, 20 klaster penerima KUR klaster kopi dan jagung, 33 perwakilan TPKAD di wilayah Sumatera Utara, IJK, pelaku start-up dan e-commerce, praktisi serta masyarakat Sumatera Utara. [P4/sya]


Komentar Anda

Berita Terkini