BI Lhokseumawe Launching Sistem Informasi Gampong & Layanan Online

/

/ Kamis, 16 Desember 2021 / 23.00 WIB

 


LHOKSEUMAWE, PILAREMPAT.COMSaat ini, proses digitalisasi sudah berkembang sangat pesat di setiap sendi-sendi kehidupan masyarakat. Mulai dari aktivitas pendidikan, kesehatan, transportasi hingga kegiatan perekonomian telah banyak bertransformasi dengan adanya digitalisasi. 

Hal tersebut disampaikan Kepala kantor  wilayah (KPw) Bank Indonesia Lhokseumawe, Yukon Afrinaldo pada acara Launching Sistem Informasi Gampong  dan Layanan Online (Sigamlon) Gampong Kuta Blang Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, Selasa (14/12/2021 di Gampong Kuta Blang.

Dikatakan sebagai salah satu wujud dukungan Bank Indonesia dalam mendorong percepatan & perluasan digitalisasi di daerah, Bank Indonesia menggandeng Gampong Kuta Blang meluncurkan Sistem Informasi Gampong & Layanan Online (SIGAMLON) Gampong Kuta Blang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Lhokseumawe, Asisten Administrasi Umum Setdako Lhokseumawe, Badan Pusat Statistik Lhokseumawe, Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Gampong Kota Lhokseumawe, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lhokseumawe, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Kota Lhokseumawe, serta camat dan Keuchik di Lhokseumawe.

Pandemi Covid-19 mengharuskan semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat untuk melakukan adaptasi sehingga transformasi digital terakselerasi lebih cepat dan luas dibandingkan sebelumnya. Agar tidak tertinggal, perangkat daerah harus berubah sehingga dapat memberikan layanan yang terbaik di tengah berkembangnya budaya digital masyarakat. 

Menyadari hal tersebut, dikembangkanlah SIGAMLON untuk mempermudah masyarakat Kuta Blang dalam mendapatkan layanan masyarakat, ujar Yukon Afrinaldo.

Pada kegiatan ini dipertunjukkan apa saja layanan yang dapat dimanfaatkan pada SIGAMLON, di antaranya surat-menyurat, menyampaikan aspirasi/laporan, dan layanan mandiri. Selain itu, situs ini juga dapat mempermudah perangkat Gampong Kuta Blang dalam mengelola data masyarakatnya. 

Ke depan, SIGAMLON akan menfasilitasi Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) maupun UMKM lainnya di Gampong Kuta Blang dalam melakukan branding sebagai usaha digital berbasis digital dengan salah satunya adalah penyediaan kanal pembayaran QRIS.  

Peluncuran SIGAMLON ini disambut dengan antusiasme tinggi oleh tamu undangan. Banyak yang mengharapkan aplikasi tersebut dapat digunakan secara luas. 

Dengan adanya kegiatan launching,  kami berharap kita semua dapat menyamakan visi dan persepsi, serta memiliki urgensi yang sama untuk segera mendorong Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah di Kota Lhokseumawe. 

Informasi yg lengkap akan mempermudah Pemerintah desa membuat keputusan yg tepat serta mempermudah urusan ke pihak terkait desa, sedangkan transparansi melalui SIGAMLON diharapkan mendorong akuntabilitas keuangan dan akselerasi pelayanan kepada masyarakat Gampong Kutablang,” demikian  Yukon Afrinaldo.

Asisten -1 Pemko Lhokseumawe, Muhammad Maxsalmina dalam sambutannya menyatakan pemko Lhokseumawe menyambut baik hadirnya website Sigamlon Gampong Kuta Blang Lhokseumawe, dengan adanya website tersebut warga masyarakat telah memudahkan mendapatkan informasi tentang kegiatan apa saja yang ada di desa.  Turut juga menyampaikan sambutan dalam acara tersebut kepala Desa Kuta Blang Muzakir Walad. ( P.4/mzky).

Komentar Anda

Berita Terkini